25/06/2024
Sharing

Banjarbaru – Untuk kali pertama, Polres Banjarbaru di bawah kepemimpinan Kapolres AKBP Dody Harza Kusumah, S.I.K., S.H., M.Si., menerima penghargaan dari Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas) yang diserahkan langsung oleh Kapolri Jenderal Polisi Drs. Listyo Sigit Prabowo, M.Si.

Acara penganugerahan yang bertajuk Kompolnas Award Tahun 2023 tersebut digelar bersamaan dengan Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Kompolnas dan Polri Tahun 2023 di The Sultan Hotel & Residence Jakarta Jl. Gatot Subroto Jakarta Pusat, pada Rabu (21/06/2023) Malam.

Kompolnas menggelar ajang penghargaan tersebut sebagai bentuk apresiasi terhadap satuan wilayah Polri yang telah menunjukkan kinerja maksimal dalam melaksanakan tugas dan fungsinya. Penghargaan tersebut meliputi berbagai tingkatan, mulai dari Polsek, Polres, Polda, hingga Satuan Kerja (Satker). Dalam penghargaan tersebut dibagi menjadi empat kategori, yaitu Satuan Kerja (Satker) Mabes Polri, Polda A dan B, Polres A dan B, serta Polsek A dan B.

Ketua Harian Kompolnas, Benny Jozua Mamoto, menjelaskan bahwa penilaian tidak hanya berdasarkan data yang diperoleh dari posko presisi, tetapi juga melibatkan kunjungan langsung ke lapangan untuk mengunjungi satuan yang masuk dalam nominasi.

“Kami tidak hanya menilai dari data yang kami peroleh dari posko presisi, namun juga kami melakukan visitasi turun langsung ke lapangan mengunjungi satker yang masuk nominasi,” ucap Ketua Harian Kompolnas.

Dalam acara tersebut Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo juga menyampaikan rasa terima kasih kepada Kompolnas atas bantuannya dalam menilai Instansi Polri. Ia juga menyatakan bahwa koreksi dan evaluasi dari Kompolnas sangat diperlukan agar Polri dapat menjadi institusi yang lebih dekat, humanis, dan dicintai oleh masyarakat.

“Terimakasih kepada Kompolnas Awards, kami tentunya memerlukan koreksi dan evaluasi untuk institusi Polri sehingga bisa menjadi lebih dekat-lebih humanis dan dicintai masyarakat,” ungkap Kapolri.

Kapolri melanjutkan, setiap elemen warga berhak mengawasi seluruh personel Kepolisian dalam menjalankan tugasnya sebagai pelindung, pelayan dan pengayom serta pemelihara keamanan dan ketertiban masyarakat. Terkadang, seluruh hal itu tidaklah mudah sebalik membalikan telapak tangan dalam pelaksanaan nyata di lapangan.

“Kami sadari bahwa kami memiliki tugas pokok yang tentunya dalam keseharian selalu diikuti dan tidak mudah untuk melaksanakan apa yang namanya Harkamtibmas, perlindungan, pelayanan, pengayoman serta melakukan penegakan hukum,” ujarnya.

Selain tugas pokok tersebut, Kapolri mengungkapkan, Polri bersama dengan TNI dan seluruh Stakeholder terkait juga memiliki tanggung jawab untuk mengawal dan memastikan seluruh kebijakan program Pemerintah untuk kesejahteraan masyarakat berjalan dengan baik dan lancar. Khususnya di tengah situasi global yang penuh dengan ketidakpastian seperti saat ini.

“Kita harus memastikan bahwa program itu berhasil untuk mempersiapkan agar kita bisa lepas landas menuju Indonesia Emas tahun 2045,” pungkas Kapolri.

Kapolres Banjarbaru yang menerima penghargaan prestisius itu tak bisa menutupi rasa haru dan syukurnya atas apresiasi yang diterimanya pada malam ini. “Alhamdulillah berkat kerja keras dari semua pihak termasuk Personel kemudian do’a dan dukungan dari masyarakat, Polres Banjarbaru masuk sebagai nominasi “5 Besar” Terbaik Tingkat Polres/Ta Kelompok B diantara ratusan Polres yang mengikuti ajang tersebut,” terangnya.

AKBP Dody Harza menyebut, penghargaan Kompolnas Award 2023 yang diterima lebih sebagai motivasi dan tantangan bagi jajaran Polres Banjarbaru untuk terus meningkatkan pelayanan sekaligus kepercayaan masyarakat kepada jajaran Kepolisian.

“Tentunya prestasi ini menjadi salah satu tonggak penting dalam sejarah Polres Banjarbaru, yang secara tidak langsung menunjukkan dedikasi dan komtimen kami untuk sepenuhnya memberikan pelayanan terbaik bagi warga masyarakat, semoga momen ini juga bisa menjadi motivasi bagi seluruh Anggota untuk terus berprestasi serta selalu memberikan kontribusi maupun inovasi yang positif bagi keamanan dan ketertiban masyarakat,” jelasnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *