25/06/2024
Sharing

Banjarbaru – Kepolisian Resor Banjarbaru melakukan pengamanan aksi unjuk rasa (Unras) yang digelar oleh Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) se-Kalimantan Selatan di depan Kantor Setda Provinsi Kalimantan Selatan, Kota Banjarbaru, pada Rabu, (04/10/2023). Aksi ini digelar untuk menyampaikan tuntutan terkait permasalahan kabut asap yang diakibatkan oleh kebakaran hutan dan lahan di Prov. Kalsel.

Dalam pengamanan ini, Polres Banjarbaru mengerahkan puluhan Personel gabungan dari berbagai satuan fungsi di Polres Banjarbaru dan Polsek Cempaka dengan dibantu oleh Dit Samapta Polda Kalsel serta Sat Pol PP Pemprov. Kalsel. Personel tersebut ditempatkan di titik-titik strategis untuk mengantisipasi terjadinya gangguan keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas).

Aksi unras ini berlangsung dengan tertib dan damai. Massa aksi menyampaikan orasinya dengan lancar dan tidak ada aksi-aksi yang menjurus ke arah anarkis. Setelah menyampaikan tuntutan, massa aksi kemudian diterima oleh pihak Sekda Prov. Kalsel yakni Staf Ahli Gubernur Kalsel Bidang Pemerintahan, Hukum dan Politik, Sulkan, S.H, M.M., dan Asisten I Pemprov. Kalsel Ir. H. Nurul Fajar Desira, CES untuk menyampaikan aspirasi mereka.

Setelahnya dilaksanakan penandatanganan MoU yang berisi beberap tuntutan yang diantaranya yaitu menuntut Pemda bertindak tegas dan serius dalam menanggulangi kebakaran hutan dan lahan yang terjadi di Kalsel dengan mendorong seluruh Kabupaten/Kota memberlakukan status menjadi tanggap darurat, menuntut Pemda dan Pemerintah pusat melakukan pengawasan secara berkala serta pencegahan kebakaran terhadap lahan gambut atau lahan yang rentan terbakar.

Selain itu para peserta demo juga menuntut Pemko/Pemkab setempat menyediakan tenaga medis serta obat-obatan di daerah yang terkena dampak kebakaran hutan dan lahan serta bantuan sosial kepada masyarakat dan relawan, lalu juga menuntut Pemda untuk memberikan sanksi administratif seperti pencabutan surat izin pemulihan lingkungan dari perusahaan yang terlibat dan terbukti melakukan pembakaran lahan secara sengaja, selain gugatan pidana dan perdata, serta transparasi proses hukum yang terjadi.

Kapolres Banjarbaru, AKBP Dody Harza Kusumah, S.I.K., S.H., M.Si., melalui Kasat Samapta Polres Banjarbaru AKP Siswadi mengapresiasi aksi unras yang digelar BEM se-Kalsel. Menurutnya, aksi ini merupakan bentuk partisipasi Mahasiswa dalam mengawal kemajuan maupun kemaslahatan di Kalimantan Selatan.

“Kami mengapresiasi penyampaian aspirasi yang digelar BEM se-Kalsel. Aksi ini merupakan bentuk partisipasi Mahasiswa dalam mengawal setiap isu-isu, permasalahan yang ada di Kalimantan Selatan untuk kemaslahatan masyarakat,” katanya.

AKP Siswadi juga mengimbau kepada masyarakat untuk tetap menjaga kondusifitas di Kalimantan Selatan. “Mari kita bersama-sama menjaga kondusifitas di Kalimantan Selatan,” pungkasnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *