25/06/2024
Sharing

Banjarbaru – Wakil Kepala Kepolisian Resor (Wakapolres) Banjarbaru, Kompol Winda Adhiningrum, S.H., S.I.K., M.M., menghadiri upacara Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-52 Korps Pegawai Negeri Republik Indonesia (KORPRI) di Lapangan Murjani Kota Banjarbaru, Senin (4/12/2023) pagi.

Upacara yang diikuti oleh Ketua Dewan Pengurus KORPRI Kota Banjarbaru Drs. H. Said Abdullah, M.Si., Kepala BNN Kota Banjarbaru AKBP Arif Wahyu Bibitharta, S.H., M.H.,M.M., Danramil 1006-07/Bjb Kapten Arm Rahmat Budiono, para Kepala SKPD di lingkup Pemerintahan Kota Banjarbaru, Camat dan Lurah se-Kota Banjarbaru serta para ASN SKPD Pemerintah Kota tersebut berlangsung dengan penuh khidmat.

Dalam amanatnya, Wali Kota Banjarbaru H. M Aditiya Mufti Arifin, S.H., M.H., selaku pembina upacara menyampaikan bahwa dalam Momentum hari jadi  Ke-52 ini marilah kita jadikan sebagai upaya untuk meneguhkan KORPRI sebagai penguat NKRI dan pelindung ASN

“Saat ini terjadi perubahan yang sangat cepat karena dua hal besar yaitu cara perkembangan teknologi dan karena perubahan harapan masyarakat yang terus meningkat dua faktor besar penyebab kehidupan ini harus disikapi oleh KORPRI saat ini dunia sudah digerakkan oleh Artificial Intelligence, Internet Objecting, data sistem dan algoritma pemrograman¬†coding maupun verifikasi biometrik sehingga kita tidak bisa lagi menggerakkan pemerintahan dengan cara-cara yang lama kita tidak boleh menyelesaikan masalah saat ini dengan pendekatan lama, semuanya sudah harus bisa diakses secara online cepat dan tepat,” ungkapnya.

Semua negara maju sudah menerapkan sistem meristokrasi dalam birokrasi, saya minta para pengurus KORPRI yang rata-rata adalah para Sekjen, Sekda dapat menerapkan meritokrasi dalam birokrasi hal ini sangat penting agar birokrasi Indonesia menjadi lebih baik karena tujuan dari KORPRI adalah untuk merekrut ASN secara profesional mengembangkan kompetensi ASN, kepastian karir ASN, perlindungan karir ASN pengelolaan ASN yang efektif dan efisien dan penghargaan untuk memotivasi ASN.

“Selanjutnya terdapat bagian yang menarik dalam sejarah kehidupan KORPRI ketika disandingkan dengan Pemilu Presiden dan Pilkada walaupun hal ini selalu dikaitkan dengan netralitas ASN dan netralitas KORPRI, saya percaya bahwa KORPRI sebagai organisasi yang sudah berkali-kali menghadapi Pilpres, Pileg dan Pilkada sudah sangat paham dan terlatih untuk tetap berada dalam posisi netral dan tegak lurus dengan Negara Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945 untuk menjaga persatuan dan kesatuan serta menjaga keutuhan NKRI,” lanjutnya.

KORPRI adalah mesin birokrasi yang harus senantiasa dipastikan kondisi prima sehingga bisa menggunakan Pemerintahan menuju tujuan yang dicita-citakan, baik atau buruknya kinerja pelayanan Pemerintah sangat ditentukan oleh kualitas dan kapasitas birokrasi, untuk itu, sebagai aset bangsa, ASN berhak mendapat kesejahteraan yang layak. Pemerintah agar menjamin kesejahteraan ASN melalui perbaikan komponen kesejahteraan ASN yang layak, pemberian pensiun bagi PNS maupun Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja serta pemberian apresiasi atau penghargaan atas prestasi dan pencapaian ASN dalam membangun negeri.

“Harapan saya KORPRI mampu membaca dan menjawab tantangan zaman ini dengan memperkuat kompetensi digital dan budaya digital pada seluruh ASN di tanah air membentuk layanan digital pemerintah secara terpadu dan mengutamakan kebutuhan warga,” tutupnya.

Ditemui setelah kegiatan, Wakapolres Banjarbaru menyampaikan apresiasi dan penghargaan tinggi terhadap peran serta KORPRI dalam mendukung pelaksanaan tugas-tugas Pemerintahan. “Kami mengapresiasi dan menghargai kontribusi besar yang telah diberikan oleh KORPRI dalam membangun dan meningkatkan kualitas pelayanan publik di seluruh wilayah Indonesia khususnya Kota Banjarbaru,” ujarnya.

Wakapolres juga menegaskan pentingnya sinergi antara Kepolisian dan KORPRI dalam menjaga stabilitas dan ketertiban masyarakat. “Kami percaya, dengan semangat kebersamaan dan kolaborasi yang baik antara kepolisian dan KORPRI, kita dapat menciptakan lingkungan yang aman, nyaman, dan sejahtera bagi masyarakat, khususnya integritas kita dalam memegang teguh netralitas serta mewujudkan Pemilu yang aman, damai dan sejuk di Kota Banjarbaru,” tambahnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *