25/06/2024
Sharing

Banjarbaru – Dalam rangka memastikan keamanan dan kelancaran pelaksanaan Pemilihan Umum (Pemilu) 2024, Kepolisian Resor (Polres) Banjarbaru terus meningkatkan kesiapsiagaan Anggotanya. Pada hari ini, Rabu (09/01/2024), Polres Banjarbaru kembali menggelar latihan Dalmas (Pengendalian Massa) secara rutin.

Latihan ini dilaksanakan di lapangan hitam Mako Polres Banjarbaru yang menjadi lokasi simulasi situasi kerusuhan atau unjuk rasa yang mungkin terjadi selama periode kampanye dan pemungutan suara. Sejumlah Personel Polres Banjarbaru turut serta dalam latihan ini, yang melibatkan beberapa simulasi pengendalian massa dan penanganan kerusuhan.

Kapolres Banjarbaru, AKBP Dody Harza Kusumah, S.I.K., S.H., M.Si., melalui Kasat Samapta, AKP Siswadi, S.H., M.M., mengungkapkan bahwa latihan ini merupakan bagian dari upaya pihaknya untuk meningkatkan profesionalisme dan kesiapsiagaan Anggota dalam menghadapi berbagai potensi gangguan keamanan selama Pemilu. “Kami tidak hanya fokus pada aspek keamanan di tempat pemungutan suara, tetapi juga melibatkan skenario pengamanan dalam berbagai situasi di lapangan,” ujarnya.

Selain itu, Kasat Samapta juga menekankan pentingnya koordinasi antara Kepolisian dengan pihak terkait, seperti TNI dan Instansi terkait lainnya, guna menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat selama Pemilu. “Kami terus berkoordinasi dengan semua pihak terkait untuk memastikan situasi tetap kondusif dan aman selama masa pelaksanaan Pemilu,” tambahnya.

Latihan Dalmas ini diharapkan dapat meningkatkan keterampilan Anggota Kepolisian dalam merespons situasi darurat dan mengatasi potensi konflik massa. Dengan adanya latihan ini, diharapkan Polres Banjarbaru dapat memberikan perlindungan optimal kepada masyarakat dalam pelaksanaan hak suaranya tanpa terganggu oleh ancaman keamanan.

Pihak Polres Banjarbaru juga mengajak masyarakat untuk ikut berperan aktif dalam menciptakan kondisi aman dan damai selama Pemilu 2024. Dalam kesempatan ini, Kasat Samapta Polres Banjarbaru menegaskan bahwa keamanan dan ketertiban selama Pemilu bukan hanya tanggung jawab Aparat Kepolisian, tetapi merupakan tanggung jawab bersama seluruh elemen masyarakat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *