25/06/2024
Sharing

Banjarbaru – Guna memperkuat komitmen terhadap pelestarian lingkungan dan penghijauan sejak dini, Polres Banjarbaru yang berada di bawah naungan Polda Kalimantan Selatan (Kalsel) menggelar aksi penanaman pohon serentak. Kegiatan ini merupakan bagian dari upaya Polri untuk memberikan kontribusi positif dalam menjaga kesehatan lingkungan, keindahan serta memberikan dampak positif bagi masyarakat.

Di bawah kepemimpinan Kapolres Banjarbaru AKBP Dody Harza Kusumah, S.I.K.,S.H., M.Si., ratusan Personel dan ASN jajaran Polres Banjarbaru, kemudian Ketua beserta pengurus Bhayangkari Cabang Banjarbaru dengan semangat, turut serta dalam aksi penanaman pohon yang dilaksanakan di Kelurahan Landasan Ulin Timur, Kecamatan Landasan Ulin, Kota Banjarbaru. Dalam sambutannya, AKBP Dody Harza Kusumah menggarisbawahi arti penting menjaga alam bagi generasi sekarang dan masa depan.

“Sebagai bagian dari upaya dalam menjaga kelestarian lingkungan dan mendukung gerakan untuk menjadikan Kota Banjarbaru yang lebih hijau, Polri tidak hanya berperan dalam menjaga keamanan dan ketertiban, tetapi juga dalam menjaga kelestarian lingkungan. Penanaman pohon serentak ini adalah salah satu wujud kontribusi kami dalam memberikan lingkungan yang baik bagi masyarakat,” ucap Polisi berpangkat melati dua itu.

Selain manfaat ekologis dalam menjaga lingkungan, penanaman pohon ini juga memiliki dampak positif dalam menjaga kualitas udara, mengurangi suhu udara, dan menciptakan ruang terbuka hijau bagi warga Kota Banjarbaru.

Pemilihan jenis pohon sendiri dilakukan dengan cermat, dengan mempertimbangkan kecocokan tanaman dengan kondisi lingkungan setempat serta manfaat ekologisnya. Beberapa jenis pohon yang ditanam yakni mahoni 800 bibit, trembesi 800 bibit, durian 800 bibit dan alpukat 800 bibit. Para Personel dengan antusias menggali tanah dan menanam pohon, membentuk barisan yang menggambarkan semangat kebersamaan dalam menjaga lingkungan.

AKBP Dody Harza Kusumah mengatakan, bahwa pihaknya merasa bertanggung jawab untuk turut serta dalam usaha pelestarian lingkungan. Penanaman pohon serentak ini adalah langkah awal yang signifikan sehingga bisa menginspirasi masyarakat lain untuk peduli terhadap alam sekitar.

Kegiatan penanaman pohon serentak ini juga diikuti oleh unsur Forkopimcam setempat. Hal ini menunjukkan kolaborasi yang kuat antara Aparat Kepolisian, Pemerintah Daerah, dan masyarakat dalam upaya bersama melindungi alam. Hal tersebut juga menjadi bukti nyata bahwa upaya pelestarian lingkungan memerlukan dukungan dan partisipasi semua pihak.

“Dalam konteks yang lebih luas, aksi penanaman pohon serentak ini merupakan bagian dari upaya Polri untuk menjaga kelestarian alam secara menyeluruh. Upaya ini mencerminkan semangat Polri dalam berkontribusi terhadap tujuan pembangunan berkelanjutan dan menciptakan lingkungan yang sehat dan lestari bagi generasi mendatang.

Kegiatan penanaman pohon serentak ini bukan hanya tentang menanam pohon, tetapi juga tentang membentuk kesadaran bersama tentang pentingnya menjaga alam. Melalui kegiatan semacam ini, diharapkan masyarakat akan semakin sadar akan tanggung jawab mereka terhadap lingkungan dan melakukan tindakan-tindakan kecil yang berdampak besar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *