25/06/2024
Sharing

Banjarbaru – Suasana haru dan semangat kebangsaan memenuhi Gedung Bina Satria Kota Banjarbaru saat Upacara Pengukuhan Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) Kota Banjarbaru dilaksanakan, Selasa (15/08/2023). Upacara yang dihadiri oleh unsur Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (FKPD)  dan tamu undangan yang sebagaian besar orang tua ini merupakan bentuk apresiasi serta dedikasi kepada para pemuda dalam mempertahankan nilai-nilai luhur bangsa.

Dalam suasana khidmat, puluhan pasukan Paskibraka yang terdiri dari pemuda-pemudi berbakat dan berdedikasi berbaris dengan penuh semangat dan kedisiplinan. Seragam putih merah mereka mencerminkan semangat patriotisme dan kesatuan, sementara mata mereka bersinar penuh semangat nasionalisme. Wali Kota Banjarbaru H. M. Aditya Mufti Arifin, S.H., M.H., selaku pembina upacara dengan bangga mengambil peran penting dalam prosesi pengukuhan ini.

Setelah pernyataan pengukuhan, Wali Kota pun menyematkan lencana dan juga pin kepada perwakilan pasukan Paskibraka sebagai tanda bahwa puluhan anak-anak bangsa ini sudah resmi dikukuhkan sebagai para Pengibar Bendera Pusaka pada hari paling bersejarah di Negara Kesatuan Republik Indonesia yakni di tanggal 17 Agustus mendatang atau yang seri kita sebut dengan Hari Kemerdekaan.

Unsur FKPD pun lantas memberikan ucapan selamat kepada para pasukan Paskibraka yang telah dikukuhkan dalam kegiatan seremonial malam hari ini, Kapolres Banjarbaru AKBP Dody Harza Kusumah, S.I.K., S.H., M.Si., yang turut menyalami para pemuda-pemudi ini juga tidak bisa menutupi rasa bangga atas keberanian dan kedisiplinan yang ditunjukkan oleh pasukan Paskibraka yang akan melaksanakan tugas suci ini.

“Saya sangat mengapresiasi terhadap komitmen serta kerja keras yang telah ditunjukkan oleh anggota Paskibraka dalam persiapan upacara pengibaran bendera pada peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia nanti, kalian adalah generasi penerus bangsa yang kami percayakan untuk mewarisi nilai-nilai kebangsaan dan menjaga semangat persatuan, teruslah memberikan inspirasi dan menjadi contoh teladan bagi generasi muda lainnya untuk terus berkontribusi dalam membangun negeri,” pesan Kapolres selepas kegiatan.

Upacara Pengukuhan Pasukan Pengibar Bendera Pusaka Kota Banjarbaru Tahun 2023 menjadi bukti konkret bahwa semangat kebangsaan dan cinta tanah air terus hidup dan berkembang di kalangan generasi muda. Momen ini tidak hanya membangkitkan kebanggaan lokal, tetapi juga menjadi inspirasi bagi seluruh rakyat Indonesia dalam merajut persatuan dan kemajuan bangsa.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *