23/07/2024
Sharing

Banjarbaru – Kapolres Banjarbaru AKBP Dody Harza Kusumah, S.I.K., S.H., M.Si., memipin pelaksanaan Apel Gelar Pasukan Operasi Patuh Intan Tahun 2023 di Lapangan Apel Mako Polres Banjarbaru, Senin (10/07/2023) pagi.

Apel gelar pasukan tersebut dihadiri oleh Dandim 1006/ Banjar Letkol Kav Zulkifer Sembiring, Kasat Pol PP Kota Banjarbaru Hidayaturahman, Kadis Hub Kota Banjarbaru Asdi Suriadi, S.Sos., M.M., PJU Polres Banjarbaru, serta Personel gabungan dari TNI-Polri, Dishub dan Sat Pol PP Kota Banjarbaru.

Mengawali amanatnya Kapolres Banjarbaru menyampaikan bahwa Apel Gelar Pasukan Operasi Patuh yang dilaksanakan secara serentak di seluruh Polda Dan Polres/Ta jajaran seluruh Indonesia pada hari ini mengangkat tema “Patuh Dan Tertib Berlalu Lintas Cermin Moralitas Bangsa” dalam rangka meningkatkan disiplin masyarakat dalam berlalu lintas serta mewujudkan Kamseltibcarlantas yang mantap..

“Semoga dengan operasi ini mampu menjawab permasalahan di bidang lalu lintas yang telah berkembang dengan cepat dan dinamis, sebagai konsekuensi dari meningkatnya jumlah kendaraan bermotor dan populasi penduduk yang memerlukan alat transportasi sebagai sarana mobilitas,” ucapnya.

AKBP Dody melanjutkan, kedepan jajaran lalu lintas diharapkan mampu mempersiapkan langkah-langkah antisipasi baik secara taktis maupun teknis agar potensi pelanggaran, kemacetan, serta kecelakaan yang terjadi dapat diminimalisir serta tidak menimbulkan gangguan yang dapat berpengaruh bagi Kamseltibcarlantas, serta mewujudkan program Pemerintah, bahwa Polri sebagai bagian dari penggerak revolusi mental dan pelopor tertib sosial di ruang publik.

“Anggota Polri diharapkan bisa menjadi contoh dan tauladan terlebih dahulu dalam melaksanakan kegiatan Kamseltibcarlantas sehingga akan diikuti oleh masyarakat serta pengguna jalan lainnya,” terangnya.

Operasi yang diorganisir secara khusus, lanjutnya, adalah dalam rangka pencegahan, penanggulangan dan penindakan terhadap gangguan Kamseltibcarlantas, yang berimplikasi terhadap menurunnya angka pelanggaran lalu lintas, menurunkan angka kecelakaan lalu lintas dan korban fatalitas serta meningkatnya disiplin masyarakat dalam berlalu lintas.

“Pola pelaksanaan Operasi Patuh Intan Tahun 2023 ini agar mengedepankan giat Preemtif, Preventif dan didukung pola Gakkum lantas secara ETLE (Statis dan Mobile) dan teguran pada 7 (tujuh) prioritas pelanggaran yaitu pengemudi atau pengendara ranmor yang menggunakan ponsel saat berkendara, pengemudi atau pengendara yang masih di bawah umur, pengemudi atau pengendara yang berboncengan 4 lebih dari 1(satu), pengemudi atau pengendara yang tidak menggunakan helm SNI dan pengemudi pengendara ranmor yang tidak menggunakan Safety Belt, pengemudi atau pengendara yang dalam pengaruh atau mengkonsumsi alkohol, pengemudi atau pengendara yang melawan arus dan pengemudi atau pengendara yang melebihi batas kecepatan,” jelasnya.

AKBP Dody juga meminta, agar pelaksanaan Operasi Patuh Intan ini berhasil dan sukses, dia memerintahkan seluruh Personel Polri untuk melibatkan unsur TNI dan Dinas Instansi terkait lainnya sesuai dengan peran dan fungsinya masing-masing agar operasi dapat terlaksana dengan baik serta mencapai target yang telah ditetapkan dalam rencana operasi.

Diakhir amanatnya, Kapolres berpesan kepada para Personel yang bertugas untuk menghindari sikap perilaku dan tindakan yang tidak sesuai dengan ketentuan peraturan yang berlaku yang dapat menyakiti hati masyarakat sehingga berdampak kepada berkurangnya kepercayaan serta simpati masyarakat kepada Polri khususnya Polisi lalu lintas.

“Yang terpenting adalah utamakan faktor keamanan dan keselamatan, kedepankan tindakan Preemtif dan Preventif, upayakan pendekatan yang simpatik dan humanis serta lakukan edukasi kepada masyarakat dan juga hindari tindakan Pungli, lakukan tugas Ops. Patuh ini dengan tidak melakukan tindakan yang kontra produktif, selalu jalin komunikasi dan sinergisitas dengan TNI serta Instansi terkait lainnya,” tutupnya.

Operasi Patuh Intan Tahun 2023 sendiri akan dilaksanakan selama 14 hari, terhitung mulai dari tanggal 10 Juli sampai dengan tanggal 23 Juli 2023 mendatang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *