23/07/2024
Sharing

Banjarbaru – Polres Banjarbaru menghadiri apel kesiapsiagaan penanganan bencana banjir, puting beliung dan tanah longsor Kota Banjarbaru Tahun 2023 yang digelar di Lapangan Dr. Murdjani Banjarbaru, Selasa (5/12) pagi. Apel dipimpin langsung oleh Wali Kota Banjarbaru, H. M. Aditya Mufti Arifin, S.H., M.H.

Dalam apel tersebut, Wali Kota Banjarbaru menyampaikan bahwa kegiatan hari ini adalah dalam rangka peningkatan kesiapsiagaan penanggulangan bencana di Kota Banjarbaru terutama di daerah yang berpotensi dan sering terkena dampak bencana.

“Apel hari ini kita ingin masyarakat dan seluruh elemen baik Pemerintah, unsur TNI/Polri dan elemen lainnya siap menghadapi bencana, mengingat sekarang ini kita memasuki peralihan musim dari musim kemarau kepada musim penghujan sehingga potensi terjadinya bencana alam sangatlah besar,” kata Wali Kota Banjarbaru.

H. M. Aditya melanjutkan, Kota Banjarbaru diperkirakan akan mengalami curah hujan yang berkategori tinggi hampir di seluruh Kecamatan. “Bencana alam dapat terjadi secara mendadak dan tidak dapat kita prediksi, oleh sebab itu perlu adanya kelancaran komunikasi dan koordinasi antar lintas pemangku kepentingan agar terlaksananya penanggulangan bencana yang cepat tepat dan efisien apabila suatu saat terjadi bencana sehingga kita juga dapat mengurangi dampak serta kerugian akibat bencana itu sendiri,” ucapnya.

Wali Kota juga berharap adanya komitmen dari semua pihak agar program yang disusun dapat dilaksanakan dengan baik dalam penanggulangan bencana di Kota Banjarbaru sehingga mempunyai manfaat yang besar untuk masyarakat.

Sementara itu, Kapolres Banjarbaru, AKBP Dody Harza Kusumah, S.I.K., S.H., M.Si., menyampaikan bahwa pihaknya siap mendukung upaya penanggulangan bencana di Kota Banjarbaru. “Kami akan selalu bersinergi dengan seluruh elemen masyarakat dalam upaya pencegahan dan penanganan bencana,” kata Kapolres Banjarbaru.

Dalam apel tersebut, juga dilakukan penyerahan mobil rescue untuk UPT Damkar Pemko dari Wali Kota Banjarbaru.

Berikut adalah instansi terkait yang hadir dalam apel tersebut:

  • Pemerintah Kota Banjarbaru
  • TNI/Polri
  • Badan SAR Nasional (BASARNAS)
  • Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD)
  • Dinas Perhubungan (Dishub)
  • Satpol PP
  • UPT Damkar Kota Banjarbaru
  • Tagana
  • Orari
  • Gabungan BPK, Borneo Rescue dan Masyarakat Peduli Bencana (MPB) se-Kota Banjarbaru

Apel kesiapsiagaan penanganan bencana ini diharapkan dapat meningkatkan kesiapsiagaan seluruh elemen masyarakat dalam menghadapi bencana alam yang mungkin terjadi di Kota Banjarbaru.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *