23/07/2024
Sharing

Jakarta,- Mabes Polri siap mengamankan distribusi logistik pemilihan umum (Pemilu) 2024 di wilayah tertinggal, terdepan, terluar (3T).

Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Trunoyudo Wisnu Andiko, mengatakan hal itu termasuk ke Operasi Mantap Brata 2023-2024 dalam rangka pengamanan penyelenggara pemilu yang aman dan damai.

“Dan kemudian dalam konsep operasi tersebut terkait dengan sasaran operasi, ada beberapa hal yang menjadi sasaran,” kata Trunoyudo kepada wartawan, Rabu (17/1/2024).

Trunoyudo memerinci mengenai sasaran operasi tersebut yaitu mulai dari calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres), tempat pemungutan suara (TPS).

“Kantor-kantor yang menjadi bagian penting untuk menjadi penyelenggaraan pemilu dan salah satunya adalah logistik pemilu, termasuk distribusinya,” ucapnya.

Selanjutnya, satgas tersebut masuk pada bagian Operasi Mantap Brata terdiri dari satgas preventif yang bersifat pencegahan yang mulai dari satgas pusat sampai dengan satgas daerah, polda, dan Satgas Res Polres.

“Terkait lokasi lokasi tertentu tentunya berdasarkan dari analisis kerawanan masing-masing daerah sampai dengan Polres, dengan lingkup tugasnya tetap zonasi daerah daerah tersebut dibackup oleh pusat, oleh daerah sampai dengan ke polres,” imbuhnya.

Trunoyudo menerangkan, bagi daerah seperti kepulauan dalam hal ini Polri memiliki Satgas Bantuan Operasi di antaranya polisi udara dan polisi perairan atau polisi air.

Nantinya, tugas fungsi polisi perairan itu untuk mendukung sarana angkutan perairan dan baik bagi satgas lainnya, yaitu Satgas Operasi Mantap Brata termasuk juga untuk kepentingan pemilu dan distribusi logistik pemilu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *