23/07/2024
Sharing

Banjarbaru – Kel. Mentaos, Kec. Banjarbaru Utara berhasil membawa pulang piala penghargaan sebagai juara 1 dalam lomba Satuan Keamanan Lingkungan (Satkamling) yang digelar oleh Polres Banjarbaru. Kel. Mentaos keluar sebagai juara setelah berhasil memukau dewan juri dengan beberapa aspek serta instrumen yang berhasil dicapai oleh Kelurahan tersebut.

Secara simbolis Kapolres Banjarbaru AKBP Dodi Harza Kusumah, S.I.K., S.H., M.Si., memberikan penghargaan kepada pemenang lomba Satkamling di Lapangan Mapolres Banjabraru, pada Senin (05/06/2023) pagi disela-sela kegiatan Apel Jam Pimpinan.

Pada kesempatan tersebut, Kapolres Banjarbaru mengatakan lomba Satkamling ini diadakan dengan tujuan untuk mengaktifkan kembali Satkamling yang ada di wilayah Kota Banjarbaru guna meminimalisir kerawanan kejadian dari tingkat Rt sampai ke Kota, dan selanjutnya pemenang nanti akan mewakili Polres Banjarbaru ke tingkat Polda Kalsel.

“Ada tiga peserta hasil dari seleksi di masing-masing Polsek jajaran yang mengikuti perlombaan ini diantaranya yaitu Sat Kamling Jl. RP. Suprapto RT. 4 RW. 4 Kel. Mentaos Kec. Banjarbaru Utara, Sat Kamling Komplek Lambung Mangkurat Regency Kel. Palam Kec. Cempaka serta Sat Kamling Jl. Gotong Royong RT. 16 RW 4 Kel. Syamsuddin Noor Kec. Liang Anggang,” ucapnya.

AKBP Dodi melanjutkan, saat ini Satkamling menjadi unsur penting dalam upaya pemeliharaan Kamtibmas karena merupakan garda terdepan berbentuk satuan keamanan terkecil yang terdapat di setiap lingkungan Rt/Rw pada Desa/Kelurahan Se-Indonesia untuk mengamankan lingkungannya.

“Peran aktif para Bhabinkamtibmas yang melekat di Desa-Desa atau Rt agar menjadi motor penggerak aktivitas komponen masyarakat dalam menciptakan keamanan Desa, sinergitas antara masyarakat dan Personel Bhabinkamtibmas harus terus ditingkatkan dengan melakukan kegiatan PAM Swakarsa,” terangnya.

Namun yang terpenting, tutur Kapolres, adalah bagaimana masyarakat paham tugas dan tanggung jawabnya saat melaksanakan ronda malam jika ditemui gangguan Kamtibmas serta pencegahannya.

Sebagai juara pertama dalam perlombaan tersebut Sat Kamling Jl. RP. Suprapto RT. 4 RW. 4 Kel. Mentaos Kec. Banjarbaru Utara memperoleh skor sebesar 1.775, kemudian disusul oleh Sat Kamling Jl. Gotong Royong RT. 16 RW 4 Kel. Syamsuddin Noor Kec. Liang Anggang dengan skor 1.310, dan di posisi ketiga ditempati oleh Sat Kamling Komplek Lambung Mangkurat Regency Kel. Palam Kec. Cempaka dengan torehan skor sebesar 1.300.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *