23/07/2024
Sharing

Banjarbaru – Dalam upaya menjaga disiplin dan profesionalisme di lingkungan kepolisian, Divisi Profesi dan Pengamanan (Propam) Polri menggelar kegiatan Penegakan, Ketertibn dan Disiplin (Gaktibplin) di Polres Banjarbaru, Selasa (11/06/2024) siang. Kegiatan ini bertujuan untuk memastikan bahwa seluruh Anggota Polri, khususnya yang berada di wilayah Polres Banjarbaru mematuhi standar operasional dan kode etik yang berlaku.

Pelaksanaan kegiatan Gaktibplin ini melibatkan pemeriksaan berbagai aspek, termasuk kelengkapan administrasi pribadi seperti Kartu Tanda Anggota (KTA), Surat Izin Mengemudi (SIM), dan Kartu Tanda Penduduk (KTP) serta Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK). Selain itu, pemeriksaan juga dilakukan terhadap sikap tampang, penggunaan seragam dinas, serta kelengkapan pendukung lainnya dalam kedinasan.

Wakapolres Banjarbaru, Kompol Winda Adhiningrum, S.H., S.I.K., M.M., menyambut baik kegiatan ini dan menyatakan bahwa disiplin adalah kunci utama dalam menjaga kepercayaan masyarakat terhadap institusi Kepolisian. “Kami sangat mendukung kegiatan Gaktibplin ini sebagai bentuk komitmen kami untuk terus meningkatkan profesionalisme dan integritas di lingkungan Polres Banjarbaru,” ujarnya.

Kegiatan ini dipimpin langsung oleh Kabag Gaktibplin Biro Provos Div Propam Polri, Kombes Pol Joas Feriko Panjaitan, S.I.K., didampingi dengan tim Pusdokkes Polri dan Kasi Propam Polres Banjarbaru Iptu Haviz Rusdin. Kombes Pol Joas Feriko menjelaskan bahwa kegiatan serupa akan terus dilaksanakan secara rutin dan mendadak. “Kegiatan Gaktibplin ini bukan hanya untuk memeriksa kelengkapan administrasi, tetapi juga untuk mengingatkan Anggota agar selalu menjaga sikap dan perilaku yang sesuai dengan kode etik Polri,” jelasnya.

Dalam pemeriksaan kali ini, tidak ditemukan pelanggaran yang signifikan. Namun, beberapa Anggota mendapat teguran ringan terkait kerapihan dan kelengkapan administrasi pribadi. “Ini adalah bagian dari proses pembinaan, dan kami berharap semua Anggota bisa lebih disiplin ke depannya,” tambahnya. Terhadap Personel yang ditemukan pelanggaran itu kemudian dilakukan tindakan disiplin melalui hukuman fisik yakni dengan push up.

Kegiatan Gaktibplin ini diharapkan dapat meningkatkan kedisiplinan dan integritas Anggota Polri, sehingga dapat memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat dan menjaga citra positif institusi Kepolisian di mata publik.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *