23/07/2024
Sharing

Banjarbaru – Wakapolres Banjarbaru, Kompol Winda Adhiningrum, S.H. S.I.K., M.M., menghadiri deklarasi kampanye damai Pemilu Tahun 2024 yang diselenggarakan di Lapangan Murjani, Kota Banjarbaru, Selasa (28/11/2023).

Deklarasi ini diikuti oleh Wali Kota Banjarbaru H. M. Aditya Mufti Ariffin, S.H., M.H., Dandim 1006/Banjar Letkol Kav Zulkifer Sembiring, S.E., Ketua KPU Kota Banjarbaru Rozi Maulana beserta Komisioner, Ketua Bawaslu Kota Banjarbaru Nor Ikhsan beserta Komisioner, para Kepala SKPD lingkup Pemerintah Kota Banjarbaru, Camat dan Lurah se-Kota Banjarbaru, PJU Polres Banjarbaru beserta Kapolsek jajaran, PPK dan Panwascam se-Kota Banjarbaru, pimpinan atau perwakilan Partai Politik peserta Pemilu Tahun 2024, tim pemenangan daerah Calon Presiden dan Wakil Presiden, Forum RT RW se-Kota Banjarbaru, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, serta perwakilan dari berbagai lapisan masyarakat.

Dalam sambutannya, Wali Kota Banjarbaru menyampaikan bahwa deklarasi ini merupakan wujud komitmen bersama dari janji diri dan janji organisasi, serta janji kita semua kepada masyarakat Banjarbaru.

“Amanah ini harus kita sepakati dan kita laksanakan, dimulai dari hari ini hingga masa kampanye, hari pemilihan dan Penghitungan Suara hingga Pemilu 2024 nanti dinyatakan selesai, tidak ada lagi sengketa dan berbagai masalah lainnya,” ucapnya.

Jangan mudah terprovokasi, lanjut Wali Kota, karena biasanya menjelang pemilu, suhu politik akan memanas, terutama di berbagai media sosial. Saling hujat, saling ejek, saling mencemarkan dan hoaks bisa bermunculan menjelang Pemilu.

“Postingan dari berbagai media sosial tersebut belum tentu benar, kita harus menyadari bahwa kejahatan siber kini sudah menjadi modus baru para oknum yang ingin memecah,” katanya.

H. M. Aditya juga mengimbau kepada para pimpinan Partai Politik peserta Pemilu 2024 harus mempunyai tanggung jawab moral dalam menciptakan proses Pemilu yang aman, tertib, damai, jujur, dan demokratis. Dalam proses Pemilu, Partai Politik merupakan instrumen utama yang menentukan kesuksesan Pemilu.

“Pada momentum deklarasi damai diharapkan kesanggupan pimpinan dan pengurus Partai Politik beserta seluruh kadernya untuk melaksanakan Pemilu damai, aman dan tertib dari awal hingga akhir. Berbeda pilihan itu wajar dalam setiap Pemilu, bahkan dalam keluarga kita pun bisa saling berbeda pilihan, sikapilah berbagai perbedaan tersebut dengan rasional dan kedewasaan berfikir serta berdemokrasi,” tuturnya.

Wakapolres Banjarbaru selepas kegiatan juga mengajak seluruh masyarakat untuk berperan aktif dalam menjaga kedamaian dan kerukunan selama Pemilu berlangsung.

“Pemilu adalah momentum penting bagi bangsa Indonesia. Oleh karena itu, kita harus menjaga kondusivitas dan keamanan selama proses Pemilu berlangsung,” kata Wakapolres Banjarbaru.

Jadi mari kita bersama-sama menjaga kedamaian dan kerukunan demi suksesnya Pemilu Tahun 2024, pungkas Kompol Winda.

Dalam deklarasi tersebut, seluruh peserta yang hadir menandatangani ikrar komitmen untuk mewujudkan Pemilu Tahun 2024 yang damai, jujur, adil, dan berintegritas.

Adapun beberapa poin yang ada di dalam deklarasi yaitu:

1. Mewujudkan Pemilu yang langsung, umum, bebas, rahasia, jujur dan adil

2. Melaksanakan kampanye pemilu yang aman, tertib, damai, berintegritas, tanpa hoax, tanpa politisasi muatan sara dan tanpa politik uang

3. Melaksanakan kampanye berdasarkan peraturan Perundang-Undangan yang berlaku.

Deklarasi ini diharapkan dapat menjadi momentum untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya menjaga kedamaian dan kerukunan selama Pemilu Tahun 2024 berlangsung.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *