25/06/2024
Sharing

Banjarbaru – Untuk menghormati perjuangan para pahlawan dalam merebut dan mempertahankan kemerdekaan negara serta sebagai momen bersejarah yang mempersatukan hati dan tekad seluruh masyarakat untuk menjaga persatuan dan kesatuan bangsa, Kota Banjarbaru pada hari ini, Kamis (17/08/2023) menggelar Upacara Peringatan Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-78 di Lapangan Dr. Murjani Kota Banjarbaru.

Pukul 07.00 pagi, suasana khidmat menyelimuti Lapangan Dr. Murjani Kota Banjarbaru ketika bendera Merah Putih dikibarkan oleh pasukan pengibar bendera yang terdiri dari para pelajar. Rasa nasionalisme terpancar seiring dengan langkah tegap para pengibar bendera yang memenuhi langit pagi Kota Banjarbaru. Lagu kebangsaan “Indonesia Raya” pun berkumandang, menggetarkan hati seluruh yamu undangan dan warga yang hadir untuk menyaksikan sakralnya kegiatan yang sarat makna tersebut.

Walikota Banjarbaru H. M. Aditya Mufti Arifin, S.H., M.H., sebagai Inspektur Upacara pun memimpin penghormatan kepada Sang Saka bendera Merah Putih yang diikuti segenap tamu undangan yang hadir.

Salah satu momen dari Upacara ini adalah ketika pembacaan naskah proklamasi oleh Ketua DPRD Kota Banjarbaru Fadliansyah, S.H., dengan lantang ia membacakan proklamasi yang merupakan titik puncak perjuangan bangsa Indonesia dalam mencapai kemerdekaan.

Rangkaian acara dilanjutkan dengan penampilan berbagai atraksi seni dan budaya, seperti tarian daerah dan pertunjukan musik tradisional. Puluhan peserta dari berbagai tingkatan sekolah berpartisipasi dalam kegiatan ini, mengenakan kostum tradisional dan memperlihatkan berbagai atraksi seni yang memukau.

Kapolres Banjarbaru AKBP Dody Harza Kusumah, S.I.K., S.H., M.Si yang ditemui seusai kegiatan menekankan pentingnya semangat patriotisme dan menjaga persatuan serta kesatuan sebagai pondasi kuat bangsa. Ia juga sangat menghargai peran para Pahlawan dan mengajak masyarakat untuk meneruskan perjuangan dalam membangun Kota Banjarbaru yang lebih baik.

“Peringatan Hari Kemerdekaan RI di Banjarbaru tahun ini tidak hanya memperingati sejarah perjuangan bangsa, tetapi juga menjadi momentum untuk mempererat tali persaudaraan dan semangat kebangsaan. Dengan semangat patriotisme dan kegembiraan yang terpancar, peringatan kali ini akan terus menginspirasi masyarakat Banjarbaru dalam menghadapi tantangan di masa depan,” pesannya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *