23/07/2024
Sharing

Banjarbaru – Kepolisian Resor (Polres) Banjarbaru telah mengidentifikasi dua orang yang meninggal dunia akibat tersengat listrik dalam kecelakaan kerja pada hari Rabu (19/6/2024) pagi. Peristiwa tragis ini terjadi di lokasi pemasangan tiang kabel internet di Kec. Banjarbaru Selatan, Kota Banjarbaru.

Korban yang diketahui bernama SH (24) dan ON (33) bekerja sebagai teknisi pemasangan kabel optik. Menurut keterangan saksi mata yang juga merupakan rekan mereka, kedua korban termasuk dirinya sedang bekerja memasang tiang kabel ketika secara tidak sengaja menyentuh kabel listrik yang bertegangan tinggi. Akibatnya, ketiga orang tersebut termasuk saksi tersengat aliran listrik dan terpental, yang mana mengakibatkan SH dan ON meninggal dunia di lokasi kejadian sedangkan untuk saksi masih bisa selamat namun tidak bisa berjalan.

Petugas Kepolisian yang datang ke lokasi kejadian segera melakukan evakuasi dan membawa korban ke rumah sakit. Namun, nahas, nyawa kedua korban tidak dapat diselamatkan.

Kasat Reskrim Polres Banjarbaru Iptu Zuhri Muhammad, S.Tr.K., S.I.K., membenarkan kejadian tersebut dan menyatakan bahwa pihaknya masih melakukan penyelidikan lebih lanjut terkait insiden ini.

“Kami masih mendalami kasus ini untuk mengetahui penyebab pasti kecelakaan kerja tersebut, namun berdasarkan hasil identifikasi awal diduga bahwa saat melakukan pemasangan tiang kabel internet secara tidak sengaja menyenggol kabel jaringan listrik yang mana mengakibatkan aliran listrik mengalir di tiang yang mereka pegang dan akhirnya mengakibatkan para korban tersetrum dan terpental di lokasi kejadian,” ujar Kasat Reskrim.

Beliau juga menghimbau kepada para pekerja, khususnya yang bekerja di bidang yang berisiko tinggi, untuk selalu memperhatikan keselamatan kerja dan mengikuti prosedur yang berlaku. “Penting bagi para pekerja untuk selalu menggunakan alat pelindung diri (APD) yang lengkap dan mengikuti standar keselamatan kerja yang telah ditetapkan,” tegasnya.

Kejadian ini menambah daftar panjang kecelakaan kerja di sektor konstruksi yang seharusnya bisa dicegah dengan penerapan standar keselamatan yang ketat. Polres Banjarbaru mengimbau kepada semua pihak untuk selalu memperhatikan keselamatan kerja guna menghindari insiden serupa di masa mendatang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *