22/06/2024
Sharing

Jakarta – Divisi Humas Polri telah mengadakan diskusi tentang sosok mantan Kapolri Hoegeng, yang dinilai sebagai teladan bagi kepolisian di Indonesia.

Kadiv Humas Polri, Irjen Pol Sandi Nugroho menyampaikan, diskusi bertujuan untuk memberikan inspirasi dan motivasi kepada anggota Polri dalam menjalankan tugas mereka, mewujudkan integritas, serta mengimplementasikan Polri yang Presisi.

Irjen Sandi menyatakan, nilai-nilai kepemimpinan Hoegeng harus dijadikan teladan oleh anggota Polri, sehingga semangat kepemimpinan yang diwariskan oleh sosok Hoegeng dapat terus hidup dan menjadi pedoman bagi anggota Polri di masa kini dan masa mendatang.

“Gelaran semacam ini menjadi penting karena dapat memberikan stimulus kepada seluruh jajaran Polri, untuk meneladani nilai-nilai dalam kepemimpinan Hoegeng sebagai spirit yang melandasi terjadinya transformasi,” kata Sandi dalam sambutannya, Selasa (16/5/2023).

Kadiv Humas Polri juga mengumumkan bahwa pihaknya akan menyelenggarakan Hoegeng Award pada tanggal 14 Juli 2023. Acara tersebut bertujuan untuk memberikan penghargaan kepada anggota Polri yang telah menunjukkan integritas tinggi dan keteladanan dalam menjalankan tugasnya.

“Spirit meneladani Hoegeng pada era ini dapat menjadikan transformasi menuju Polri Presisi sebagai ‘standard of excellence’ yang merupakan agenda besar, dan perlu dimimplementasikan untuk terwujudnya pelayanan kepolisian yang lebih terintegrasi, modern, mudah, dan cepat,” ujar Sandi.

Sandi mengungkapkan, penyenggaraan Hoegeng Award merupakan salahbl satu dari dari 8 Komitmen Kapolri Jenderal Polisi Drs. Listyo Sigit Prabowo, M.Si., dalam menampilkan kepemimpinan yang melayani dan menjadi teladan bagi seluruh personel Polri.

Sandi berharap dengan adanya diskusi dan penghargaan seperti Hoegeng Award, anggota Polri dapat terus menginternalisasi nilai-nilai kepemimpinan yang baik dan mengaplikasikannya dalam tugas sehari-hari.

“Semoga semangat dan semangat kepemimpinan yang diwariskan oleh Hoegeng dapat terus hidup dan menjadi pedoman bagi anggota Polri di masa kini dan masa mendatang,” tutur Sandi.

Tentang Hoegeng Award

Nama-nama polisi yang diusulkan terdiri dari berbagai pangkat dan jabatan, mulai level Bhabinkamtibmas hingga Kapolda dari berbagai wilayah di Indonesia.

Mereka diusulkan dalam lima kategori di Hoegeng Awards 2023, yaitu Polisi Inovatif, Polisi Berdedikasi, Polisi Berintegritas, Polisi Pelindung Perempuan dan Anak, serta Polisi Tapal Batas dan Pedalaman.

Penerima penghargaan Hoegeng Awards 2023 akan diumumkan di acara penganugerahan pada 14 Juli 2023. Tanggal ini bertepatan dengan peringatan meninggalnya Kapolri almarhum Jenderal (Purn) Hoegeng Iman Santoso, yang menjadi inspirasi acara ini.

Ada lima orang tokoh masyarakat yang dilibatkan menjadi Dewan Pakar Hoegeng Awards 2023 yakni, Wakil Ketua MPR RI H. Arsul Sani, S.H., M.Si., Mantan Plt Pimpinan KPK Dr. Mas Achmad Santosa, S.H., LL.M., anggota Kompolnas Poengky Indarti,S.H., LL.M., Koordinator Nasional Jaringan Gusdurian Indonesia Alissa Qotrunnada Wahid, S.Psi, dan anggota Komnas HAM Putu Elvina, S.Psi., MM.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *