25/06/2024
Sharing

Banjarbaru – Pada hari ini, Jum’at (29/09/2023) Kapolres Banjarbaru AKBP Dody Harza Kusumah, S.I.K., S.H., M.Si., turut menjadi bagian dari momen bersejarah pada Upacara Penutupan Pendidikan Tamtama TNI di Lapangan Kejujuran Rindam VI/Mlw, Kota Banjarbaru.

Dalam suasana penuh kebanggaan dan semangat, Pangdam VI/Mlw Mayjen TNI Tri Budi Utomo, S.E., Kapolda Kalsel Irjen Pol. Andi Rian R Djajadi, S.I.K., M.H., Staf Ahli Gubernur Kalsel Sulkan, S.H., M.M., Ketua DPRD Prov Kalsel Dr. HC. H. Supian HK., S.H., M.H., Danrem 101/Ant Brigjen TNI Ari Aryanto, S.E., M.I.P., Kabinda Kalsel Brigjen Pol Nurullah, S.H., M.H., Dandim 1007/Bjm Letkol Inf Arman Aris Sallo, S.I.P., Dandim 1006/Banjar Letkol Kav. Zulkifer Sembiring S.E., Kapolres Banjar AKBP M. Ifan Hariyat T., S.H., S.I.K., M.H bersama dengan para Pejabat Militer dan Sipil lainnya menghadiri acara penutupan yang menandai berakhirnya tahap penting dalam perjalanan pendidikan para Tamtama.

Dalam sambutannya, Pangdam VI/Mlw menyampaikan bahwa Upacara Penutupan Pendidikan Pertama Tamtama TNI AD Gelombang I T.A. 2023 sekaligus pelantikan Prajurit ini, merupakan
peristiwa yang sangat penting bagi para Tamtama Remaja, karena telah mengalami perubahan status dari Sipil menjadi Militer sekaligus menjadi sosok kebanggaan bagi keluarga.

“Selaku Pangdam VI/Mulawarman dan pribadi, saya menyampaikan selamat dan sukses atas keberhasilan para Tamtama Remaja yang hari ini dilantik menjadi Prajurit TNI AD dengan pangkat Prajurit Dua,” ucapnya.

Mayjen TNI Tri Budi Utomo, melanjutkan, selama menjalani pendidikan di Rindam VI/Mulawarman para Tamtama Remaja telah dibekali berbagai ilmu pengetahuan dan keterampilan sebagai bekal untuk melanjutkan pendidikan kejuruan dan melaksanakan tugas nantinya sebagai Prajurit di tengah-tengah masyarakat. Sebagai seorang Prajurit, para Tamtama Remaja harus memiliki tekad untuk selalu menjunjung tinggi kehormatan dan menjaga nama baik TNI Angkatan Darat, tampilkan diri sebagai Prajurit yang Profesional dengan memantapkan disiplin.

Upacara penutupan tersebut merupakan momen bersejarah di mana para Tamtama TNI menyelesaikan tahap pendidikan pertama mereka dengan sukses.

Dalam kesempatan yang sama, Kapolres Banjarbaru menyampaikan ucapan selamat kepada para Tamtama TNI yang telah berhasil menyelesaikan pendidikan mereka. Dia menyatakan pentingnya dedikasi, disiplin, dan semangat juang yang telah ditunjukkan oleh para Tamtama selama periode pendidikan mereka.

“Pendidikan Tamtama TNI tidak hanya melibatkan aspek fisik, tetapi juga pembentukan karakter, kepemimpinan, dan kedisiplinan yang tinggi. Saya sangat menghargai perjuangan para Tamtama remaja yang telah sukses dilantik hari ini,” ujarnya.

AKBP Dody Harza pun turut menekankan pentingnya pendidikan bagi peningkatan profesionalisme dan kualitas Anggota TNI dalam menjalankan tugas dan tanggung jawab mereka. Dirinya mengingatkan para Tamtama bahwa pendidikan adalah landasan untuk mencapai kesuksesan dalam berbagai bidang tugas yang akan diemban di masa depan.

Acara penutupan ini juga diwarnai dengan berbagai atraksi dan demonstrasi keterampilan Militer yang telah dipelajari oleh para Tamtama selama proses pendidikan. Keahlian dalam taktik, strategi, dan keterampilan fisik tampak mengesankan para tamu undangan yang turut hadir. Upacara juga diisi dengan penyerahan sertifikat dan penghargaan kepada para Tamtama yang telah mencapai prestasi tertinggi dalam berbagai bidang, seperti keunggulan akademis, kecerdasan taktis, serta kedisiplinan.

Untuk diketahui, Tamtama Remaja TNI AD Gelombang l T.A. 2023 yang dilantik di Rindam VI/Mlw pada hari ini adalah sebanyak 52 orang. Nantinya, mereka akan mengikuti pendidikan lanjutan sesuai kecabangan masing-masing, berdasarkan kualifikasi psikologi yang mencerminkan minat, bakat dan kecerdasan dari setiap Prajurit.

Upacara Penutupan Prodi Pendidikan Pertama Tamtama TNI ini menjadi bukti komitmen Pemerintah dan Institusi Militer dalam meningkatkan kualitas dan profesionalisme Anggota TNI. Semoga para Tamtama yang telah menyelesaikan pendidikan ini dapat menjadi pilar keamanan dan pertahanan yang handal untuk menjaga kedaulatan negara.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *