15/07/2024
Sharing

Banjarbaru – Pada pagi ini, Minggu (01/10/2023), Kapolres Banjarbaru AKBP Dody Harza Kusumah, S.I.K., S.H., M.Si., memimpin langsung Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila di Lapangan Hijau Mako Polres Banjarbaru. Upacara yang mengangakat tema “Pancasila Pemersatu Bangsa Menuju Indonesia Maju” tersebut dihadiri oleh Wakapolres Banjarbaru Kompol Winda Adhiningrum, S.H., S.I.K., M.M., PJU, para Kapolsek, Perwira, Personel Polres dan Polsek jajaran serta ASN.

Kegiatan Upacara di awali dengan hening cipta yang di pimpin oleh Inspektur Upacara kemudian dilanjutkan dengan pembacaan teks Pancasila oleh Inspektur Upacara, pembacaan naskah UUD 1945 serta pembacaan naskah Ikrar.

Upacara Kesaktian Pancasila hari ini juga menjadi sarana untuk merenung dan merefleksikan nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila. Kapolres mengajak seluruh peserta Upacara untuk menjadikan Pancasila sebagai pedoman dalam berbangsa dan bernegara, serta menginternalisasi nilai-nilai tersebut dalam kehidupan sehari-hari.

Kegiatan kemudian diakhiri dengan do’a bersama untuk mendoakan keberlanjutan dan keberkahan bagi Bangsa Indonesia.

Selepas kegiatan, AKBP Dody Harza Kusumah juga mengungkapkan pentingnya kesatuan serta gotong royong dalam mewujudkan persatuan dan kesatuan Bangsa. Ia mengingatkan bahwa Pancasila sebagai ideologi Negara Indonesia adalah pondasi utama dalam membangun masyarakat yang adil dan makmur.

“Upacara Kesaktian Pancasila ini bukan hanya sebagai seremoni formal, tetapi juga sebagai ajang untuk mempererat tali persaudaraan dan memperkokoh fondasi nilai-nilai Pancasila di tengah-tengah masyarakat. Melalui kesadaran kolektif ini, diharapkan Indonesia dapat terus menjadi Negara yang bermartabat dan sejahtera,” ucapnya.

Hari Kesaktian Pancasila, lanjutnya, bukan hanya sekadar momentum bersejarah, tetapi juga sebagai panggilan untuk terus mengokohkan dan memperkokoh landasan ideologi Negara. Ia menyampaikan apresiasi dan penghargaan setinggi-tingginya kepada para Pahlawan yang telah berkorban demi kemerdekaan dan keutuhan Negara.

Semoga semangat Kesaktian Pancasila terus berkobar di setiap jiwa warga negara Indonesia, mendorong semangat untuk bersama-sama membangun masa depan yang lebih baik.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *