15/07/2024
Sharing

Banjarbaru – Dalam rangka menyukseskan Pemilihan Umum (Pemilu) Tahun 2024 yang damai, aman, dan sejuk, Polres Banjarbaru mengadakan acara “Ngopi Bakisahan” bersama Forkopimda Kota Banjarbaru, Jum’at (17/11/2023).

Kegiatan yang digelar di Cafe D’Joglo Waroenk dan Batik, Kec. Banjarbaru Utara, Kota Banjarbaru, ini dihadiri oleh Sekda Kota Banjarbaru Drs. H. Said Abdullah, M.M., Danramil 1006-03/SE Mayor Chk Hadi Sutrisno, Kejaksaan Negeri Kota Banjarbaru, Pengadilan Negeri Kota Banjarbaru, DPRD Kota Banjarbaru yang diwakili oleh H. Iriansyah Ganie, Ketua KPU Kota Banjarbaru Rozy Maulana beserta Komisioner, Ketua Bawaslu Kota Banjarbaru Nur Ikhsan beserta Komisioner, Ketua FKUB Kota Banjarbaru Muslih Ambri, M.Si., Ketua GP Anshor M. Thoriq, PJU Polres Banjarbaru, Ketua Forum RT/RW Kota Banjarbaru Sutrisno, Tokoh Lintas Agama Islam di Banjarbaru, Partai Politik Peserta Pemilu Tahun 2024 serta para awak media di Kota Banjarbaru.

Dalam sambutannya, Kapolres Banjarbaru AKBP Dody Harza Kusumah, S.I.K., S.H., M.Si., yang diwakili oleh Wakapolres Banjarbaru Kompol Winda Adhiningrum, S.H., S.I.K., M.M., menyampaikan bahwa Pemilu Tahun 2024 merupakan ajang demokrasi yang sangat penting bagi masyarakat Indonesia. Oleh karena itu, semua pihak harus bersinergi untuk mensukseskannya.

“Acara Ngopi Bakisahan bersama Forkopimda Kota Banjarbaru ini adalah sebagai bagian dari upaya memperkuat sinergi antara Kepolisian dengan seluruh pihak dan juga elemen masyarakat lainnya dalam mewujudkan Pemilu Damai Tahun 2024,” ucapnya.

Wakapolres Banjarbaru menyampaikan pentingnya kerjasama antara Kepolisian dengan seluruh pemangku kepentingan dalam menciptakan Pemilu yang aman, tertib, dan damai. “Kita semua memiliki tanggung jawab untuk menjaga situasi kondusif selama periode Pemilu. Melalui sinergi yang kuat, kita dapat mencegah potensi konflik dan memastikan pelaksanaan Pemilu berjalan dengan lancar,” ujarnya.

Kompol Winda Adhiningrum juga mengimbau kepada masyarakat untuk tidak mudah terprovokasi oleh berita-berita hoaks dan isu-isu SARA yang dapat memecah belah persatuan dan kesatuan bangsa.

“Perbedaan pilihan politik adalah hal yang wajar, namun, kita harus tetap menjaga persatuan dan kesatuan bangsa. Jangan sampai perbedaan pilihan politik membuat kita saling bermusuhan. Semoga Pemilu Tahun 2024 ini bisa berjalan dengan damai, aman, dan lancar, saya berharap semua pihak bisa menjaga toleransi dan kerukunan antar umat beragama, suku, ras, dan golongan” tegas Wakapolres Banjarbaru.

Sementara itu, Sekda Kota Banjarbaru Drs. H. Said Abdullah, M.M., menyampaikan bahwa Pemerintah Kota Banjarbaru akan mendukung penuh upaya Polri dalam mengamankan Pemilu Tahun 2024.

“Pemerintah Kota Banjarbaru akan bekerja sama dengan TNI/Polri untuk menciptakan situasi yang aman dan kondusif menjelang dan selama pelaksanaan Pemilu Tahun 2024, saya juga memberikan apresiasi kepada Polres Banjarbaru yang telah melaksanakan acara Ngopi Bakisahan dalam rangka Pemilu Damai Tahun 2024 ini, semoga suasana damai dapat terlaksana dari proses tahapan hingga pasca Pemilu nanti. Terima kasih juga kepada Parpol yang sudah hadir pada acara hari ini, kita jadikan Pemilu gembira sehingga pesta demokrasi menjadi kompetisi yang sehat tanpa adanya konflik,” ujar Sekda Kota Banjarbaru.

Selain itu, Forkopimda Kota Banjarbaru, KPU Kota Banjarbaru, Bawaslu Kota Banjarbaru, FKUB Kota Banjarbaru, para Tokoh Lintas Agama dan Parpol Peserta Pemilu Tahun 2024 berkomitmen untuk menjaga Kamtibmas selama proses Pemilihan Umum. Mereka juga sepakat tentang pentingnya partisipasi aktif masyarakat dalam proses demokrasi, serta perlunya semua pihak bekerja sama untuk menciptakan lingkungan yang kondusif.

Pesan Kapolres Banjarbaru disampaikan oleh Di penghujung kegiatan, Kabag Ops Polres Banjarbaru Kompol Indra A.P. Putra, S.I.K., M.H., menyampaikan pesan Kapolres Banjarbaru terkait dengan Pemilu Tahun 2024.

” Yang pertama, TNI-Polri menjunjung tinggi netralitas dalam pelaksanaan Pemilu yang dilaksanakan dahulu, sekarang dan akan datang, dari Pimpinan tertinggi hingga Personel dengan pangkat terendah, netralitas harga mati,” paparnya.

Lalu, menjelang tahapan kampanye, untuk pemasangan APK (Alat Peraga Kampanye) agar berpedoman dengan aturan yang sudah ditetapkan, perlu digarisbawahi, tidak menggunakan tempat ibadah, sarana Pemerintah lainnya untuk kepentingan berpolitik, maupun pemasangan APK tersebut.

Acara Ngopi Bakisahan bareng Forkopimda Kota Banjarbaru ini berlangsung dalam suasana yang hangat dan penuh keakraban. Para peserta saling bertukar pikiran dan berdiskusi tentang berbagai hal terkait Pemilu Tahun 2024. Selama kegiatan tersebut, berbagai topik juga dibahas secara informal, termasuk langkah-langkah konkret yang dapat diambil untuk memastikan Pemilu Damai Tahun 2024. Para peserta juga sepakat untuk terus membangun dialog serta koordinasi untuk mencapai tujuan bersama, yaitu penyelenggaraan Pemilu yang aman, damai dan tertib.

Ngopi Bakisahan pun diakhiri dengan kesepakatan untuk melanjutkan komunikasi dan kerjasama antara seluruh pihak menjelang , selama dan pasca Pemilu. Semua pihak berharap bahwa sinergi ini dapat menjadi contoh positif bagi daerah lain dalam menjaga ketertiban dan kedamaian selama pelaksanaan Pemilu di seluruh Indonesia khususnya Provinsi Kalimantan Selatan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *