15/07/2024
Sharing

Kepolisian Daerah Kalimantan Selatan (Polda Kalsel) melakukan langkah inovatif dalam upaya pencegahan kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di wilayah tersebut. Hal itu terlihat saat Wakapolda Kalsel Brigjen Pol Rosyanto Yudha Hermawan, S.I.K., S.H., M.H. melakukan pengecekan titik api dengan menggunakan alat drone di sekitar wilayah Km. 21 Landasan Ulin, Banjarbaru, Sabtu (02/09/2023).

Dalam upaya menghadapi risiko kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) yang meningkat selama musim kemarau, Polda Kalsel memutuskan untuk memanfaatkan teknologi drone yang dilengkapi dengan kamera canggih untuk memantau dan mendeteksi titik-titik api yang muncul di wilayah tersebut.

Dengan bantuan drone Direktorat Samapta Polda Kalsel, Kepoisian setempat dapat dengan cepat mengidentifikasi potensi titik api yang sulit dijangkau secara manual. Ini memungkinkan penanganan dini yang lebih efektif untuk mencegah penyebaran kebakaran yang dapat merusak lingkungan dan kesehatan masyarakat sekitar.

Wakapolda Kalsel Brigjen Pol Rosyanto Yudha dalam pernyataannya menyampaikan, “Kami terus berupaya untuk meningkatkan efisiensi dan efektivitas dalam menghadapi ancaman kebakaran hutan dan lahan. Pemanfaatan teknologi drone adalah salah satu langkah inovatif kami untuk menjaga keamanan lingkungan dan masyarakat Kalsel.”

Langkah proaktif Polda Kalsel ini mendapatkan dukungan positif dari berbagai pihak, termasuk pemerintah daerah setempat, yang mengharapkan agar upaya seperti ini dapat menjadi contoh bagi wilayah lain dalam mengatasi masalah Karhutla di Indonesia.

Saat pengecekan titik api itu, Wakapolda Kalsel Brigjen Pol Rosyanto Yudha nampak didampingi Direktur Samapta Polda Kalsel Kombes Pol Yong Ferrydjon, S.I.K., M.H. dan Kapolres Banjarbaru AKBP Dody Harza Kusumah, S.I.K., S.H., M.Si. beserta anggota Dit Samapta Polda Kalsel.

Dalam kesempatan tersebut Kapolres Banjarbaru juga berharap dengan pemanfaatan teknologi ini bisa memudahkan petugas dalam melakukan pencegahan maupun antisipasi Karhutla terkhusus di wilayah Kota Banjarbaru.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *