25/06/2024
Sharing

Banjarbaru – Kepolisian Resor Banjarbaru menggelar konferensi pers akhir Tahun 2023 di Aula Joglo Polres Banjarbaru, Ju’mat (29/12/2023) pagi. Konferensi pers tersebut dipimpin langsung oleh Kapolres Banjarbaru, AKBP Dody Harza Kusumah, S.H., S.I.K., M.Si., didampingi oleh jajaran Pejabat Utama Polres Banjarbaru. Konferensi pers yang dilaksanakan pada hari ini merupakan bagian dari upaya transparansi Kepolisian dalam memberikan informasi kepada publik.

Dalam konferensi pers tersebut, Kapolres Banjarbaru menyampaikan capaian kinerja Polres Banjarbaru selama Tahun 2023. Kapolres Banjarbaru mengatakan bahwa jumlah tindak pidana di Kota Banjarbaru pada Tahun 2023 mengalami penurunan sebanyak 1 kasus (0,20%) dibandingkan Tahun 2022, yaitu sebanyak 507 kasus. Namun, dari jumlah tersebut, sebanyak 464 kasus (91,52%) berhasil diselesaikan, dengan sisa sebanyak 43 kasus yang masih dalam proses penyelidikan dan penyidikan.

“Kami pastikan bahwa untuk sisa kasus di atas akan secepat mungkin diselesaikan,” tegas Kapolres Banjarbaru.

Lebih lanjut AKBP Dody Harza menerangkan, dari 506 kasus selama tahun 2023 tersebut, 13 diantaranya merupakan kasus menonjol yang didominasi oleh tindak pidana narkotika, pencabulan, pembunuhan, Karhutla, penipuan, penganiayaan anak di bawah umur, korupsi dan juga gangster.

“Saya mengimbau kepada masyarakat untuk tetap waspada terhadap segala bentuk aksi aksi kejahatan, segera laporkan kepada pihak kepolisian jika mengetahui adanya aksi kriminalitas,” ungkapnya.

Dalam pengungkapan kasus narkotika, Polres Banjarbaru dan jajaran berhasil mengungkap sebanyak 139 kasus dengan jumlah barang bukti sebanyak 4.819,27 gram sabu, 61 butir ekstasi, 3.284 butir carisoprodol, 1.712 butir obat daftar g dan minuman keras sebanyak 220 botol. Untuk jumlah tindak pidana narkotika sendiri mengalami penurunan sebanyak 19 kasus (12,03%).

“Kasus narkotika merupakan kejahatan yang luar biasa karena dapat merusak kehidupan, khususnya para generasi muda, Alhamdulillah berkat pengungkapan kasus selama 2023 ini, kami berhasil menyelamatkan sebanyak 19.277 orang/jiwa dari bahaya narkoba,” ucapnya.

Sementara itu, Kapolres Banjarbaru menjelaskan, bahwa untuk kecelakaan lalu lintas (Laka Lantas) mengalami kenaikan dimana Tahun 2022 kasus laka lantas ada sebanyak 94 kasus dan di Tahun 2023 mengalami kenaikan menjadi 104 atau sebesar 10,64%.

“Oleh karena itu, kami mengimbau kepada seluruh masyarakat agar senantiasa waspada dan berhati-hati dalam berkendara, selalu perhatikan serta taati peraturan berlalu lintas di jalan,” imbuhnya.

Selain itu, Kapolres juga menyampaikan berbagai program sosial dan kegiatan kemanusiaan yang telah dilakukan setahun ke belakang seperti peduli bencana, pembangunan sumur bor, baksos dan bansos serta bedah rumah yang bertujuan untuk membantu masyarakat.

“Kami juga sangat bersyukur atas kerjasama yang baik dengan para rekan-rekan wartawan yang hadir pada hari ini, terima kasih atas kolaborasi dan sinerginya sehingga setiap informasi maupun kegiatan Kepolisian yang telah dilaksanakan Polres Banjarbaru bisa tersampaikan kepada masyarakat secara cepat, akurat serta kredibel,” tuturnya.

Di akhir kegiatan, AKBP Dody Harza Kusumah juga mengajak masyarakat untuk aktif berperan serta dalam menjaga keamanan lingkungan sekitar. Ia menekankan pentingnya partisipasi masyarakat dalam melaporkan potensi kejahatan dan memberikan informasi kepada Kepolisian apabila mendapati adanya kejadian ataupun peristiwa yang berkaitan dengan Kamtibmas.

“Tahun depan, kami akan terus berupaya untuk memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat. Kami berharap mendapatkan dukungan penuh dari semua pihak agar bersama-sama kita bisa menciptakan lingkungan yang lebih aman dan nyaman untuk semua,” katanya

Konferensi pers akhir tahun ini diakhiri dengan sesi tanya jawab, di mana para awak media dapat mengajukan pertanyaan terkait capaian Kepolisian dan langkah-langkah strategis ke depan. Kapolres berharap bahwa transparansi ini dapat memperkuat hubungan antara Polres Banjarbaru dengan masyarakat, dirinya juga menegaskan keterbukaan Kepolisian dalam menerima segala masukan dan kritik serta komitmen untuk terus berkolaborasi dengan masyarakat demi terwujudnya iklim keamanan yang lebih baik di Banjarbaru.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *