23/07/2024
Sharing

Banjarbaru – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Banjarbaru dan Kepolisian Resor (Polres) Banjarbaru resmi menandatangani perjanjian kerja sama tentang sinergitas pelaksanaan tugas dan fungsi dalam penyelenggaraan Pemilihan Umum (Pemilu) dan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak Tahun 2024 di wilayah Kota Banjarbaru.

Penandatanganan perjanjian kerja sama tersebut dilakukan oleh Ketua KPU Kota Banjarbaru Rozy Maulana dan Kapolres Banjarbaru AKBP Dody Harza Kusumah, S.I.K., S.H., M.Si., di Hotel Rodhita Banjarbaru, Kamis (28/12/2023) pagi.

Dalam kegiatan tersebut, Ketua KPU Kota Banjarbaru mengatakan bahwa dalam perjanjian kerja sama yang ditandatangani bersama pada hari ini telah disepakati beberapa hal, diantaranya seperti pertukaran dan pemanfaatan data atau informasi, koordinasi keamanan, penegakan hukum, serta perumusan peraturan teknis di lapangan. Keduanya sepakat untuk secara terus-menerus berkomunikasi dan berkoordinasi guna menjaga integritas dan kredibilitas penyelenggaraan pemilihan di Kota Banjarbaru.

“Kami pada hari ini juga bersepakat untuk meningkatkan kapasitas dan pemanfaatan SDM serta sarana dan prasarana yang dikelola oleh kedua belah pihak, kerja sama yang dijalin antara KPU dengan Polres Banjarbaru ini merupakan tindak lanjut dari kerja sama antara KPU RI dengan Mabes Polri, yang mana, keduanya telah terlebih dahulu menandatangani nota kesepahaman untuk kemudian ditindaklanjuti di daerah, baik tingkat provinsi maupun kabupaten dan kota,” ucapnya.

Ketua KPU Kota Banjarbaru, juga menyatakan bahwa penandatanganan perjanjian kerja sama ini merupakan bentuk komitmen kedua lembaga untuk bersinergi dalam menyukseskan penyelenggaraan Pemilu dan Pilkada 2024.

Sementara itu, Kapolres Banjarbaru menambahkan, di dalam perjanjian kerja sama ini secara garis besar adalah bentuk penguatan kerja sama yang telah dijalin oleh KPU RI dan Mabes Polri. Salah satu poin yang diatur di dalamnya yakni terkait penjagaan stabilitas keamanan dalam kegiatan pergeseran logistik.

“Selama pelaksanaan tahapan Pemilu di Kota Banjarbaru ini, kami telah melaksanakan pengamanan baik secara tertutup maupun terbuka, kami akan terus memberikan pengamanan secara maksimal agar Pemilu dan Pilkada 2024 dapat berjalan dengan aman dan lancar,” tuturnya.

AKBP Dody Harza juga mengatakan bahwa, Polres Banjarbaru akan berkomitmen penuh untuk menjaga Sitkamtibmas dan menjamin ketertiban selama seluruh rangkaian kegiatan Pemilu dan Pilkada berlangsung. Kerjasama ini akan menjadi landasan kokoh bagi kemitraan yang produktif antara KPU dan Polres dalam mewujudkan Pemilu yang adil dan transparan.

“Kerjasama ini mencerminkan komitmen kita untuk mendukung dan melindungi jalannya demokrasi di Kota Banjarbaru. Polres Banjarbaru siap bekerja sama dengan KPU dalam segala aspek keamanan untuk memastikan setiap tahap Pemilu dan Pilkada dapat berjalan dengan aman, tertib, dan lancar,” pungkasnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *