15/07/2024
Sharing

Kepolisian Daerah Kalimantan Selatan (Polda Kalsel) menggelar tatap muka bersama Tokoh Organisasi Masyarakat (Ormas) dan Partai Politik (Parpol), Senin (07/08/2023) di Hotel Rattan In Banjarmasin dengan penandatanganan komitmen guna menyampaikan tekad bersama-sama mendukung dan memastikan pesta demokrasi berjalan aman, damai, dan sejuk.

Dalam pertemuan itu, Kapolda Kalsel Inspektur Jenderal Polisi (Irjen Pol) Andi Rian Djajadi, S.I.K., M.H., mengatakan Pertemuan dimaksud bertujuan untuk mempererat kerjasama dalam rangka menciptakan pelaksanaan Pemilihan Umum (Pemilu) tahun 2024 yang aman tertib dan damai.

“Yang menjadi perhatian Kita bersama dalam kontestasi politik Pemilu 2024 adalah potensi penyebaran Hoaks, Hate Speech, dan Fake News melalui media online dan media sosial,” ujar Kapolda Kalsel.

Seluruh pihak diharapkan dapat menjaga situasi Kamtibmas pada menjelang, saat maupun setelah Pemilu. Dimana, Pemilu merupakan ajang demokrasi untuk memilih pemimpin, baik tingkat pusat maupun tingkat daerah, tentu tidak ada kalah menang dalam perhelatan demokrasi ini, yang menang adalah kita semua rakyat Indonesia.

Menanggapi hal itu, Ketua Senkom Mitra Polri Kalsel Untung Priyono, ST.,melalui Wakil Ketua Sukaji mengatakan, untuk mendukung Kamtibmas dan antisipasi terjadinya konflik sebagaimana disampaikan Kapolda menghadap Pemilu 2024, pihaknya akan segera mengintruksikan kepada seluruh jajaran yang ada di Kabupaten/Kota di Kalsel untuk selalu bersinergi dengan pihak Polres Jajaran.

Dengan harapan, Pemilu 2024 barjalan dengan lancar, aman, damai dan sukses, sehingga apa yang menjadi cita-cita bangsa Indonesia dapat tercapai.

“Semoga Pemilu 2024 mandatang berjalan dengan aman, sukses dan damai, ” harapnya.

Terkait dengan antisipasi berita bohong / informasi yang tidak sesuai fakta (Hoaks) yang dapat menjadi potensi konflik dimasyarakat, jajaran Senkom sudah sudah selalu menghimbau kepada anggotanya agar selalu berhati-hati dan bijak dalam menyebarkan informasi maupun berita. Yakinkan informasi yang akan di share ke umum merupakan berita yang sudah terkonfirmasi dan tidak menjadi pemicu konflik, sehingga dengan itu bisa membawa pembacanya untuk melakukan, menilai dan menjadi sebuah informasi yang menyejukkan suasana.

“Yakinkan informasi yang akan disebarkan adalah berita yang sudah terkonfirmasi sebelumnya. Dengan informasi yang A1, Hoaks akan tertangkis,” tambah Sukaji saat dikonfirmasi melalui telpon, Selasa (08/08/2023) pagi.

Kegiatan tersebut dihadiri Staf Ahli Bidang Hukum Dan Politik Provinsi Kalsel, Kapolda Kalsel, Komisi I DPRD Kalsel, Danrem 101/Antasari, Danlanal Banjarmasin, Danlanud Syamsuddin Noor, Kabinda, Wakajati, Sekretaris PT. Banjarmasin, Kabid Berantas BNNP, Wakapolda, Pejabat Utama Polda, Ketua KPU, Ketua Bawaslu, Ketua MU, Ketua FKUB, Kapolresta Banjarmasin, Ketua Senkom Mitra Polri, LSM, Ketua DPD Partai Politik.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *