25/06/2024
Sharing

Banjarbaru – Wakil Kepala Kepolisian Resor (Wakapolres) Banjarbaru, Komisaris Polisi (Kompol) Winda Adhiningrum, S.H., S.I.K., M.M, menghadiri acara Serah Terima Kirab Pemilu tahun 2024 yang mengangkat tema “Pemilu Sebagai Sarana Integrasi Bangsa.” Acara ini digelar di halaman Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Banjarbaru pada hari Senin (11/09/2023) pagi. Acara itu merupakan bagian dari persiapan penting menuju pelaksanaan Pemilihan Umum (Pemilu) Tahun 2024 yang akan menjadi tonggak demokrasi bagi masyarakat Indonesia.

Selain Wakapolres Banjarbaru serah terima Kirab ini juga dihadiri oleh Ketua KPU Prov. Kalsel Andi Tentri Sompa beserta Komisioner, Ketua KPU Kota Banjarbaru Rozi Maulana, Ketua KPU Kab. Banjar M. Noor Aripin, S.Pd.I, Forkopimda Kota Banjarbaru, perwakilan Partai Politik peserta Pemilu, Ketua PPK beserta Anggota se-Kota Banjarbaru, Ketua PPS beserta Anggota se-Kota Banjarbaru, perwakilan Organisasi Masyarakat dan Organisasi Kepemudaan di Kota Banjarbaru serta para pelajar dari tingkat SMA sederajat selaku perwakilan dari Pemilih Pemula.

Acara diawali dengan penyambutan Bendera Kirab dan Maskot Pemilu Tahun 2024 oleh KPU Kab. Banjar dan KPU Kota Banjarbaru dengan diiringi tarian persembahan. Membuka kegiatan, Ketua KPU Kota Banjarbaru menyampaikan bahwa Pemilu merupakan Sarana Berintegrasi Bangsa, kapasitas penyelenggara dengan pemaksimalan perbaikan dan evaluasi kerja dengan basis peraturan yang ada.

“Pemilu 2019 menunjukkan polarisasi yang cukup tajam, pengalaman tersebut bisa dijadikan modal guna menyongsong Pemilu Tahun 2024, Pemilu bukan sekedar arena kontestasi antar calon untuk mendapat jabatan di Legislatif dan Eksekutif hal tersebut akan terlihat jika perbedaan pandangan bisa didistribusikan, melalui Kirab Pemilu ini bisa dijadikan sebagai sarana menggelorakan semangat serta menciptakan negara yang hebat.” jelasnya.

Ketua KPU Kab. Banjar dalam kesempatan yang sama juga menyampaikan, bahwa kami sudah melaksanakan Kirab Pemilu di Kab. Banjar, masih banyak masyarakat yang belum mengetahui kapan Pemilu Tahun 2024 serta peserta Partai Politik yang ikut kontestasi, sehingga Kirab Pemilu bisa dijadikan sebagai sarana sosialisasi kepada masyarakat untuk meningkatkan partisipasi masyarakat di Pemilu. Maka dari itu, dengan ini kami serahkan Bendera Kirab Pemilu Tahun 2024 dari KPU Kab. Banjar kepada KPU Kota Banjarbaru.

Setelah serah terima Bendera Kirab, acara dilanjurkan dengan penandatanganan berita acara dan pembacaan naskah Deklarasi Pemilu sebagai sarana Integrasi Bangsa. Di dalamnya ditekankan beberapa poin penting, yakni, mewujudkan Pemilu 2024 sebagai sarana Integritas Bangsa, melaksanakan Pemilu 2024 secara langsung, umum, bebas, rahasia, jujur dan adil, melaksanakan Pemilu 2024 yang berintergritas dan bertanggung jawab terhadap proses dan hasil serta mewujudkan Pemilu 2024 untuk memajukan kesejahteraan umum dan mencerdaskan kehidupan Bangsa.

Wakapolres Banjarbaru dalam momen tersebut juga turut menyampaikan pentingnya pelaksanaan Pemilu yang transparan, adil, dan aman sebagai dasar utama untuk menjaga kedaulatan rakyat dan melestarikan demokrasi di Indonesia. Ia juga menekankan pentingnya peran aktif Aparat Kepolisian dalam menjaga ketertiban dan keamanan selama proses pemilu berlangsung.

“Pemilu adalah salah satu momen terpenting dalam kehidupan berdemokrasi kita. Kepolisian siap bekerja sama dengan seluruh pihak terkait untuk memastikan bahwa Pemilu Tahun 2024 berjalan dengan damai dan kondusif,” ujarnya.

Kompol Winda Adhiningrum, juga menekankan pentingnya Pemilu sebagai salah satu sarana utama untuk memperkuat integrasi bangsa. Ia menyatakan bahwa Pemilu adalah momen penting bagi masyarakat Indonesia untuk bersatu dalam menyuarakan pilihan mereka.

Serah Terima Kirab Pemilu tahun 2024 ini merupakan awal dari persiapan menuju Pemilihan Umum Tahun 2024. KPU Kota Banjarbaru akan memainkan peran penting dalam menjalankan proses demokrasi yang adil dan transparan di Kota ini.

Kirab Pemilu Tahun 2024 ini diharapkan dapat menjadi momentum untuk mengingatkan masyarakat akan pentingnya Pemilu sebagai sarana integrasi bangsa. Pemilu tidak hanya sebagai ajang pemilihan pemimpin, tetapi juga sebagai momen bersatu dalam kerangka kebangsaan yang lebih besar. Kehadiran seluruh pemangku jabatan pada momen tersebut juga menandakan kerja sama yang erat antara seluruh pihak dalam mengawal jalannya proses demokrasi.

Kegiatan pun kemudian ditutup dengan penandatanganan Deklarasi Pemilu dan juga pelepasan balon sebagai tanda mulainya Kirab Pemilu Tahun 2024 di Kota Banjarbaru.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *