22/06/2024
Sharing

Bidang Hubungan Masyarakat (Humas) Kepolisian Daerah Kalimantan Selatan (Polda Kalsel) mengadakan acara silaturahmi akrab dengan wartawan dari berbagai media cetak, online, dan elektronik. Acara berlangsung di Warung Soto Ayam Arek Suroboyo, yang terletak di Jalan Kapten Pierre Tandean, Banjarmasin, Kamis (21/09/2023) pukul 09.00 WITA.

Acara ini bertujuan untuk mempererat hubungan antara kepolisian dan media massa dalam upaya meningkatkan kerjasama yang lebih baik dalam memberikan informasi kepada masyarakat khususnya dalam menyambut pesta demokrasi Pemilu 2024.

Kegiatan tersebut dihadiri oleh Kabid Humas Polda Kalsel, Kasubbid Multimedia Bid Humas Polda Kalsel, Kasubbag Renmin Bid Humas Polda Kalsel, Kaur Lipprodok Subbid PID Bid Humas Polda Kalsel, Kaur Penum Subbid Penmas Bid Humas Polda Kalsel, Kaur Mitra Subbid Penmas Bid Humas Polda Kalsel, personil Bid Humas Polda Kalsel, Wartawan Media Cetak, Elektronik dan Online.

Dalam kesempatannya, Kabid Humas Polda Kalsel Kombes Pol Mochamad Rifa’i, S.I.K. mengatakan bahwa berdasarkan data BMKG akibat dampak El Nino, musim kemarau di Indonesia khususnya wilayah Kalimantan Selatan saat ini diperpanjang hingga akhir tahun 2023.

Akibat kemarau / kekeringan itu, sejumlah wilayah di Kalimantan Selatan seperti Kota Banjarmasin, Kota Banjarbaru dan Kabupaten Banjar menimbulkan asap akibat dari terjadinya kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) khususnya disekitar lingkup Bandara Syamsuddin Noor.

Pada tahun 2023 ini, Direktorat Reskrimsus Polda Kalsel telah menangani 22 Laporan informasi (LI), 4 diantaranya telah ditingkatkan ketahap Laporan Polisi (LP) diantaranya dua kasus di Kabupaten Banjar dan dua kasus di Kota Banjarbaru yang saat ini masih di proses lidik dan sidik.

Terkait Pemilu 2024, Kabid Humas menuturkan bahwa wilayah Kalimantan Selatan sampai saat ini masih dalam situasi aman, damai, dan kondusif, sehingga diharapkan situasi ini terus berlanjut sampai tahapan pelaksanaan Pemilu 2024 mendatang sembari menegaskan netralitas TNI – POLRI harga mati.

Dan untuk mewujudkan Pemilu damai, Polda Kalsel dan Jajaran melakukan cooling system atau sistem pendinginan situasi dengan berbagai kegiatan sosial seperti Bakti Sosial dan Bakti Kesehatan.

Sementara mengenai Tindak Pidana Pencucian Uang (TPPU), Kabid Humas Polda Kalsel Kombes Pol Mochamad Rifa’i mengatakan Polda Kalsel hanya melakukan penyitaan asset, sedangkan kasusnya ditangani langsung oleh Bareskrim Polri.

Kabid Humas menambahkan pentingnya kerjasama antara kepolisian dan media dalam memastikan informasi yang akurat dan tepat waktu disampaikan kepada masyarakat. Ia juga mengapresiasi peran wartawan dalam memberikan liputan yang objektif terkait berbagai kegiatan kepolisian di wilayah Kalimantan Selatan.

Selain itu diharapkan acara ini akan menjadi langkah awal dalam membangun hubungan yang lebih erat antara kepolisian dan media massa untuk kepentingan bersama dalam memberikan pelayanan informasi yang berkualitas kepada masyarakat Kalimantan Selatan.

Para wartawan yang hadir juga memberikan apresiasi atas inisiatif Polda Kalsel dalam mengadakan acara silaturahmi ini. Mereka berharap bahwa kerjasama yang baik ini akan terus berlanjut dalam memberikan pelayanan informasi yang lebih baik kepada masyarakat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *