23/07/2024
Sharing

Banjarbaru – Kapolres Banjarbaru, AKBP Dody Harza Kusumah, S.I.K., S.H., M.Si., diwakili Kabag Log Polres Banjarbaru Kompol Heru Setiawan, S.H., M.H., turut hadir dalam Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila ke-79 Tahun 2024 di Kota Banjarbaru yang diselenggarakan di Lapangan Dr. Murjdani, Banjarbaru, pada Sabtu (1/06/2024) pagi. Upacara tersebut mengangkat tema “Pancasila Jiwa Pemersatu Bangsa Menuju Indonesia Emas Tahun 2045”.

Upacara dimulai pukul 08.00 WITA dengan dihadiri oleh berbagai elemen masyarakat, mulai dari Aparatur Pemerintah, TNI, Polri, pelajar, Anggota LVRI, hingga tokoh adat, tokoh agama, tokoh masyarakat serta Organisasi Kepemudaan. Dalam upacara tersebut, Wali Kota Banjarbaru, H. M. Aditya Mufti Ariffin, S.H., M.H., bertindak sebagai Inspektur Upacara.

Dalam sambutannya, Wali Kota Aditya Mufti Ariffin menekankan pentingnya Pancasila sebagai ideologi bangsa yang mampu mempersatukan seluruh elemen masyarakat Indonesia. “Pancasila adalah dasar dan ideologi negara yang telah terbukti mampu menjadi perekat bangsa kita yang majemuk. Dengan semangat Pancasila, mari kita bersama-sama mewujudkan cita-cita Indonesia Emas pada tahun 2045,” ujarnya.

Peringatan Hari Lahir Pancasila adalah momentum untuk memperkuat rasa persatuan dan kesatuan di tengah masyarakat. “Pancasila merupakan fondasi utama dalam menjaga keutuhan NKRI. Oleh karena itu, kita sebagai generasi penerus harus terus mengamalkan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari,” ungkapnya.

Selain upacara bendera, acara juga dimeriahkan dengan pertunjukan seni dan budaya yang menggambarkan keberagaman suku dan budaya Indonesia. Penampilan tersebut diharapkan dapat menumbuhkan rasa bangga dan cinta tanah air di kalangan masyarakat Banjarbaru, khususnya generasi muda.

Dengan tema “Pancasila Jiwa Pemersatu Bangsa Menuju Indonesia Emas Tahun 2045,” seluruh masyarakat Banjarbaru diharapkan dapat terus menjunjung tinggi nilai-nilai Pancasila dalam setiap aspek kehidupan, serta bersama-sama berkontribusi dalam pembangunan bangsa menuju Indonesia yang lebih maju dan sejahtera.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *