22/06/2024
Sharing

Banjarbaru – Kepala Kepolisian Resor (Kapolres) Banjarabaru, AKBP Dody Harza Kusumah, S.I.K., S.H., M.Si., bersama dengan Si Propam (Seksi Profesi dan Pengamanan) menggelar operasi penegakan ketertiban dan disiplin, atau yang dikenal dengan singkatan GAKTIBPLIN, Rabu (27/09/2023) pagi. Operasi ini dilakukan sebagai bagian dari upaya untuk memastikan kedisiplinan dan integritas para Personel Kepolisian di Wilayah Banjarbaru.

GAKTIBPLIN ini merupakan langkah preventif yang diambil oleh Kapolres dan juga Propam untuk memastikan bahwa Anggota Polisi di Polres Banjarbaru tetap menjaga tingkat disiplin dan ketaatan dalam pelaksanaan tugas keseharian mereka. Kegiatan itu juga bertujuan untuk mencegah terjadinya pelanggaran kode etik atau tindakan indisipliner yang dapat merusak citra institusi Kepolisian.

Dalam GAKTIBPLIN tersebut, Personel Propam yang akan melakukan pengecekan terhadap berbagai aspek disiplin, seperti penggunaan seragam, sikap tampang, kelengkapan surat maupun identitas diri, serta pemeriksaan urine dalam deteksi dini penyalahgunaan Narkoba di lingkungan Polres Banjarbaru.

Kapolres Banjarbaru dalam keterangannya mengatakan, “Operasi GAKTIBPLIN adalah bagian dari upaya kami untuk menjaga integritas dan profesionalisme Personel Kepolisian kami. Kami ingin memastikan bahwa Anggota kami selalu berperilaku sesuai dengan standar operasional prosedur yang ditetapkan oleh Institusi Kepolisian dalam memberikan pelayanan yang profesional kepada masyarakat,” ucapnya.

AKBP Dody Harza Kusumah juga menekankan pentingnya GAKTIBPLIN ini dalam menjaga kualitas pelayanan Kepolisian kepada masyarakat. Selama operasi tersebut, tidak ditemukan satu pun pelanggaran kode etik atau tindakan indisipliner yang dilakukan oleh Personel. Namun sesuai dengan pelaksanaan yang sudah-sudah, apabila ditemukan Anggota yang melanggar akan diberi tindakan disipliner berupa peringatan, teguran tertulis, atau tindakan hukum lebih lanjut, tergantung pada tingkat pelanggaran yang dilakukan oleh personel tersebut.

Kapolres Banjarbaru mengharapkan bahwa operasi ini akan meningkatkan kesadaran Personel terhadap pentingnya kedisiplinan dan integritas dalam melaksanakan tugas mereka. “Kita semua harus menjadi contoh yang baik bagi masyarakat yang kita layani. Ini adalah langkah positif untuk memperbaiki citra Kepolisian dan membangun kepercayaan publik,” tambahnya.

Operasi GAKTIBPLIN ini diharapkan akan memberikan kontribusi yang signifikan dalam memelihara standar kualitas dalam pelayanan Kepolisian dan memastikan bahwa Anggota Kepolisian selalu menjalankan tugas mereka dengan profesionalisme tinggi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *