15/07/2024
Sharing

Banjarbaru – Kapolres Banjarbaru, AKBP Dody Harza Kusumah, S.I.K., S.H., M.Si., menghadiri upacara peringatan Hari Sumpah Pemuda Ke-95 di Lapangan Dr. Murjani, Kota Banjarbaru, Sabtu (28/10/2023) pagi. Upacara yang dipimpin oleh Wali Kota Banjarbaru, H. M. Aditya Mufti Ariffin, S.H., M.H., diikuti oleh seluruh SKPD, ASN, Pelajar, Mahasiswa dan Organisasi Kepemudaan di Kota Banjarbaru.

Dalam upacara tersebut, Wali Kota Banjarbaru membacakan amanat Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia, Ario Bimo Nandito Ariotedjo. Dalam amanatnya, Menteri Pemuda dan Olahraga menyampaikan bahwa Sumpah Pemuda merupakan tonggak sejarah dalam perjalanan bangsa Indonesia. Momentum tersebut mengingatkan bangsa Indonesia terhadap sejarah gotong
royong seluruh elemen pemuda yang berhasil menebar semangat jiwa patriotisme sekaligus menyatukan visi kebangsaan dalam Sumpah Pemuda 1928.

“Peringatan Hari Sumpah Pemuda Ke-95 Tahun 2023 mengusung tema “Bersama Majukan Indonesia” dengan logo HSP Ke-95 yang bermakna membentuk stilasi barisan manusia yang menyimbolkan kolaborasi dan warna-warni menunjukkan keanekaragaman suku, bahasa, dan budaya. Heterogenitas tersebut sebagai sumber kekuatan dalam memajukan Indonesia,” ucap Wali Kota Banjarbaru.

Setiap pemuda, lanjut Aditya, perlu mempunyai visi, misi dan peran strategis untuk 30 tahun mendatang agar pembangunan dapat berlari lebih cepat. Strategi paling ampuh adalah dengan tolong-menolong lintas generasi dan gotong royong lintas sektor.

Maka pada momen Hari Sumpah Pemuda ini, kita harus canangkan kebulatan tekad semua stakeholder baik Kementerian dan Lembaga, Pemerintah Provinsi, Pemerintah Kabupaten Kota, Organisasi Kepemudaan, Komunitas serta elemen-elemen lain,” pungkasnya.

Kapolres Banjarbaru selepas kegiatan, mengajak seluruh pelajar, mahasiswa, dan pemuda-pemudi di Kota Banjarbaru untuk terus menjaga persatuan dan kesatuan bangsa, serta berperan aktif dalam pembangunan bangsa.

“Sebagai generasi penerus bangsa, kita harus menjadi agen perubahan yang positif bagi masyarakat, kita juga harus berperan aktif dalam menjaga keamanan dan ketertiban, khususnya di Kota Banjarbaru,” ujar AKBP Dody Harza.

Kapolres Banjarbaru yakin bahwa para pemuda-pemudi di Kota Banjarbaru memiliki potensi yang besar untuk mewujudkan cita-cita bangsa. Ia berharap agar para pemuda-pemudi di Kota Banjarbaru dapat terus berkarya dan berprestasi untuk kemajuan bangsa.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *