23/07/2024
Sharing

Banjarbaru – Wakapolres Banjarbaru, Kompol Winda Adhiningrum, S.H., S.I.K., M.M., memimpin Upacara Peringatan Hari Bela Negara ke-75 Tahun 2023 di halaman Mapolres Banjarbaru, Selasa (19/12/2023) pagi.

Wakapolres Banjarbaru dalam amanatnya mengatakan bahwa Bela Negara merupakan sikap dan perilaku warga negara yang dijiwai oleh kecintaan kepada NKRI yang berdasarkan Pancasila dan UUD 1945 dalam menjamin kelangsungan hidup bangsa dan negara.

“Bela Negara harus dilaksanakan oleh seluruh komponen bangsa, baik secara perorangan maupun kolektif, secara sadar, sukarela, dan penuh tanggung jawab,”┬ákata Wakapolres.

Kompol Winda Adhiningrum juga mengingatkan pentingnya semangat bela negara dalam menjaga kedaulatan dan keutuhan bangsa. Dirinya menekankan peran setiap warga negara untuk berkontribusi dalam upaya pembangunan dan menjaga keamanan serta ketertiban di wilayah masing-masing.

“Sebagai bagian dari Aparat Kepolisian, kami berkomitmen untuk melindungi masyarakat dan menjaga kondusifitas. Namun, semangat bela negara bukan hanya tugas aparat keamanan, tetapi merupakan tanggung jawab bersama seluruh elemen masyarakat,” ucapnya.

Ia menambahkan bahwa tantangan yang dihadapi bangsa Indonesia saat ini semakin kompleks dan tidak hanya berupa ancaman fisik, tetapi juga ancaman nonfisik, seperti pandemi, konflik global, revolusi teknologi, hingga krisis iklim. Oleh karena itu, diperlukan kesadaran Bela Negara yang tinggi dari seluruh komponen bangsa.

“Mari kita bersama-sama meningkatkan kesadaran Bela Negara untuk mewujudkan Indonesia yang sejahtera dan bermartabat,” pungkasnya

Hari Bela Negara diperingati setiap tahunnya untuk mengingatkan seluruh warga negara akan pentingnya semangat Bela Negara dalam membangun dan menjaga keutuhan negara. Upacara ini menjadi momen untuk meningkatkan kesadaran dan tanggung jawab kolektif terhadap pembangunan dan pertahanan negara.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *