22/06/2024
Sharing

Banjarbaru – Suasana kemerdekaan masih terasa begitu kental di udara saat puluhan warga berkumpul di Lapangan Dr. Murjani Kota Banjarbaru untuk menyaksikan Upacara Penurunan Bendera Merah Putih dalam rangka memperingati Hari Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-78. Tak pelak kegiatan itu menjadi momen yang sangat mengesankan bagi semua yang hadir.

Dalam suasana kemerdekaan, lokasi yang sering disebut sebagai alun-alun Kota Idaman ini dihiasi dengan dekorasi Merah Putih yang menggambarkan semangat patriotik. Masyarakat dari berbagai lapisan dan usia sengaja datang menyaksikan momen bersejarah bagi bangsa Indonesia tersebut sebagai bentuk rasa cinta terhadap tanah air.

Menjelang petang, Upacara dimulai dengan penghormatan kepada Bendera Merah Putih yang berkibar di tengah tiupan angin senja. Pasukan dari TNI, Polri dan Paskibraka dengan penuh kedisiplinan melaksanakan protokol Upacara dengan sempurna. Wakil Wali Kota Banjarbaru Wartono, S.E., memimpin seluruh rangkaian kegiatan dengan khidmat.

Seiring matahari terbenam dan cahaya sorotan mulai menyinari, Bendera Merah Putih yang berkibar di tengah alun-alun dikerek secara perlahan oleh Pasukan Pengibar Bendera, suasana hening seolah mengingatkan semua orang akan perjuangan panjang bangsa ini dalam merebut dan menjaga kemerdekaan. Semua mata terarah pada Bendera yang mulai diturunkan perlahan, menggambarkan semangat dan pengorbanan para pahlawan.

Bendera Merah Putih pun akhirnya tiba di pangkuan Pasukan Pengibar, diturunkan dengan penuh kehormatan, dan dilipat dengan rapi. Setiap lipatan Bendera mengingatkan kita pada pengorbanan dan tekad para Pahlawan dalam merebut dan mempertahankan kemerdekaan. Selanjutnya Bendera diserahkan kepada Inspektur Upacara untuk kemudian disimpan dan akan dikibarkan kembali dengan rasa kebanggan serta penghormatan di momen Kemerdekaan yang akan datang.

Kapolres Banjarbaru AKBP Dody Harza Kusumah, S.I.K., S.H., M.Si., selepas kegiatan mengatakan bahwasanya hari ini bukan hanya sekedar peringatan, tetapi juga panggilan kepada kita semua untuk terus memperjuangkan nilai-nilai kebangsaan, persatuan, dan kerja keras demi kemajuan bangsa.

“Kita adalah bagian dari bangsa yang besar dan beragam, dan inilah kekayaan yang harus kita pelihara dengan penuh rasa tanggung jawab, maka dari itu mari bersama kita jaga dan rawat persatuan bangsa ini,” pungkasnya.

Upacara Penurunan Bendera tersebut bukan hanya sekadar seremoni formal, tetapi juga menjadi simbol kebersamaan dan persatuan dalam bingkai keragaman. Diharapkan semangat yang tercermin dalam Upacara ini akan terus melekat dalam setiap aspek kehidupan sehari-hari, mendorong tumbuhnya rasa cinta tanah air serta semangat untuk terus membangun bangsa yang lebih baik.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *